Ini 5 Caleg PDIP Dapil V Jateng yang Melenggang ke DPR

Aria Bima (Solopos/Whisnu Paksa)
21 April 2019 10:00 WIB Mariyana Ricky Prihatina Dewi Nasional Share :

Solopos.com, SOLO — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengklaim sudah memborong lima kursi DPR di daerah pemilihan (Dapil) V Jawa Tengah. Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan saat ini, diprediksi bakal kembali melenggang ke Senayan. Putri Ketua Umum PDIP, Megawati itu memeroleh suara tertinggi.

Berikutnya, Aria Bima, Muchamad Nabil Haroen, Faozan Amar, dan Alfian Reziani.

Nama terakhir merupakan calon petahana yang menggantikan Puan di momen pergantian antar-waktu (PAW) 2016 lalu. Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo, Teguh Prakosa, mengatakan suara untuk Puan di Kota Solo cukup mendominasi, yang disusul Aria Bima.

“Kemungkinan ada empat sampai lima kursi untuk Dapil V. Kursi untuk DPRD dan DPR memang naik bisa jadi karena efek Presiden Jokowi,” kata dia, saat ditemui wartawan di Kantor DPC setempat, Kamis (18/4/2019).

Prediksi Teguh senada dengan hasil real count yang dilakukan Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDIP. Puan mendapatkan 48.882 suara, Aria dengan 19.940 suara, Nabil dengan 1.873 suara, Faozan dengan 1.282 suara, dan Alfian dengan 1.085 suara.

Mengutip Liputan6, Jumat (19/4), Kepala BSPN PDIP, Arif Wibowo, menyebutkan data tersebut diambil berdasarkan salinan C1 yang diterima saksi partai.

Di tingkat daerah, kata dia, PDIP memiliki kamar hitung yang memberikan data secara online. Adapun metode hitungan untuk pileg menggunakan Sainte Lague dengan suara masuk 295.593. Sebagai informasi, dapil Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Solo itu diperebutkan oleh 106 calon anggota legislatif (caleg).