Sejarah Hari Ini: 20 April 570, Abrahah Serbu Mekah

Koin yang diyakini bergambar sosok Abrahah. (Wikimedia.org)
20 April 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Raja Syam, Abrahah, melancarkan agresi militernya terhadap orang-orang Quraisy di Makkah, 20 April 570. Dalam Alquran, Abrahah dikisahkan membawa 60.000 tentara dan ingin menghancurkan Kakbah, namun gagal.

Agresi militer Abrahah ke Mekkah itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 20 April dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 20 April:

570
Raja Syam, Abrahah, melancarkan agresi militernya terhadap orang-orang Quraisy di Mekah, 20 April 570. Dalam Alquran, Abrahah dikisahkan membawa 60.000 tentara dan ingin menghancurkan Kakbah, namun gagal. Abrahah disebutkan juga mengirim pasukan gajah sehingga tahun terjadinya invasi tersebut disebut tahun gajah.

1453
Pasukan Kerajaan Genoa dan Kekaisaran Bizantium mencegat tentara Kekaisaran Ottoman yang hendak ke Kota Konstantinopel. Pasukan Kekaisaran Ottoman berhasil menang setelah terlibat pertempuran dengan tentara Kerajaan Genoa dan Kekaisaran Bizantium. Konstantinopel lantas jatuh ke tangan Kekaisaran Ottoman beberapa minggu kemudian.

Jacques Cartier. (Biography.com)
1534
Seorang penjelajah asal Eropa, Jacques Cartier, memulai pelayaran pertamanya menuju sebuah pulau yang kini disebut dengan nama Pulau Newfoundland. Cartier menjadi penjelajah terkenal terkenal setelah menggambar peta Teluk Santo Laurensius yang terletak di kawasan Amerika bagian utara.

1657
Orang-orang Yahudi yang tinggal di Kota New Amsterdam—kini Kota New York—diberikan kebebasan beragama. Kebanyakan orang-orang Yahudi di Eropa memang bermigrasi ke tanah Amerika untuk mendapatkan kebebasan beragama.

1657
Pasukan Angkatan Laut Inggris di bawah pimpinan Robert Blake berhasil mengalahkan pasukan Angkatan Laut Spanyol di Santa Cruz de Tenerife, Kepulauan Canaria, Spanyol. Inggris berperang dengan Spanyol setelah memutuskan untuk membantu Prancis yang berperang dengan negara-negara di kawasan Spanyol dan sekitarnya. Peristiwa itu kini dikenang dengan nama Pertempuran Santa Cruz de Tenerife.

1789
George Washington telah tiba di Grays Ferry, Philadelphia untuk melakukan perjalanan menuju Manhattan, New York. Sepuluh hari kemudian, George dinobatkan sebagai presiden pertama Amerika Serikat (AS) di Manhattan.

Adolf Hitler. (Historyonthenet.com)
1889
Adolf Hitler lahir di Braunau Am Inn, Austria. Ia lantas dikenal sebagai pemimpin Jerman dari 1933 sampai 1945. Selama menjabat sebagai pemimpin Jerman, Hitler dikenal sebagai tokoh yang mendalangi Holokaus atau pembantaian penganut Yahudi di Eropa selama Perang Dunia II.

1945
Tentara Jerman di Kota Leipzig, Jerman, menyerah kepada pasukan Amerika Serikat (AS). Kota tersebut lantas dikontrol pihak Sekutu. Setelah kemenangan di Leipzig, serangan AS di Jerman terus berlanjut hingga ke Kota Munich.

1945
Sebanyak 20 anak-anak Yahudi dari kamp penampungan Neuengamme di Hamburg, Jerman dijadikan bahan eksperimen oleh para ilmuwan. Mereka dibawa ke ruang bawah tanah di Sekolah Bullenhuser Damm untuk dibunuh sebelum dijadikan bahan percobaan.