Tahukah Anda? Gaji Fresh Graduate di Malaysia Hampir Rp9 Juta/Bulan

Ilustrasi Uang. (Solopos - Whisnupaksa)
19 April 2019 17:40 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, KUALA LUMPUR — Bagi para fresh graduate atau lulusan baru dari bangku kuliah, tentu bingung saat ditanya oleh perusahaan yang akan merekrut terkait besaran gaji yang diminta. Namun di Malaysia, rata-rata besaran gaji yang diterima para fresh graduate sudah terungkap.

Menurut laporan Jobstore yang dikutip World of Buzz, Kamis (18/4/2019), para lulusan baru di Malaysia yang mulai bekerja pada periode 2018-2019 rata-rata digaji 2.635 Ringgit atau sekitar Rp8,95 juta. Nilai itu meningkat dari periode sebelumnya di mana para fresh graduate di Malaysia digaji rata-rata 2.482 Ringgit atau sekitar Rp8,43 juta.

Beberapa waktu sebelumnya, Bank Negara Malaysia (BNM) merilis laporan yang menyebut para fresh graduate digaji rata-rata 2.169 Ringgit atau Rp7,36 juta. Namun hal itu sempat dibantah Federasi Pengusaha Malaysia. Federasi Pengusaha Malaysia kemudian mengeluarkan siaran pers yang menyatakan para lulusan baru menerima gaji rata-rata 2.618 Ringgit atau sekitar Rp8,89 juta.

Di sisi lain, gaji para fresh graduate di Malaysia itu cukup lebih tinggi jika dibandingkan dengan upah minimum yang ada beberapa daerah di Indonesia. Bahkan, gaji fresh graduate di Malaysia itu lebih tinggi dari upah minimum di DKI Jakarta yang hanya mencapai Rp3,9 juta.