Sejarah Hari Ini: 19 April 1770, James Cook Sampai Australia

Kapten James Cook digambarkan menamai New South Wales. (wikimedia.org)
19 April 2019 00:20 WIB Rahmat Wibisono Internasional Share :

Solopos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi setiap 19 April di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun. Salah satunya adalah kedatangan James Cook di Australia yang berbuntut panjang dengan sederet perlakuan tak manusiawi bangsa Eropa terhadap suku asli, Aborigin.

Dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut ini disajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 19 April:

531
Pertempuran Callinicum yang melibatkan Kekaisaran Sassaniyah dan Kekaisaran Bizantium meletus di Suriah. Pasukan Sassaniyah yang dipimpin Lakhmid mencoba merebut Suriah dari Kekaisaran Bizantium. Dalam pertempuran itu, pasukan Bizantium yang dipimpin Ghassanid berhasil mengalahkan pasukan Sassaniyah sekaligus mempertahankan Suriah.

Lukisan potret Captain James Cook. (si.nsw.gov.au)1770
Seorang penjelajah asal Inggris, James Cook, untuk kali pertama menginjakkan kaki di Australia. Ia lantas menggambar peta sepanjang pantai timur Australia yang kemudian ia beri nama New South Wales.

1943
Tentara Jerman mulai memasuki Ghetto Warsawa di Polandia demi meredam pemberontakan orang-orang Yahudi. Orang-orang Yahudi itu lantas dibantai oleh tentara Jerman.

1971
Sierra Leone resmi menjadi negara republik merdeka yang berdiri sendiri. Pada hari yang sama, Siaka Stevens dinobatkan sebagai presiden negara tersebut.

1985
Uni Soviet melakukan uji coba sejata nuklir di Kazakhstan. Uji coba nuklir itu adalah salah satu upaya intimidasi yang dilakukani Uni Soviet kepada Amerika Serikat (AS) selama Perang Dingin.

1987
Charles Joseph John Hart lahir di Shrewsbury, Shropshire, Inggris. Kini, ia lebih dikenal sebagai Joe Hart dan dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang menempati posisi penjaga gawang di klub besar asal Inggris, Manchester City.

Capture The Simpsons Football yang tayang tahun 1987. (Youtube.com).jpgCapture The Simpsons: Football yang tayang tahun 1987. (Youtube.com).jpg

1987
Kartun The Simpsons untuk kali pertama tayang di televisi dan menjadi bagian sketsa dalam acara The Tracey Ullman Show. The Simpsons lantas menjadi serial kartun yang tayang sendiri dengan durasi lebih lama. The Simpsons adalah serial kartun komedi yang menceritakan kehidupan keluarga Simpsons yang terdiri dari Homer, Marge, Bart, Lisa dan Maggie yang tinggal di sebuah kota bernama Springfield.

1995
Gedung Alfred P. Murrah di Oklahoma, Amerika Serikat (AS) menjadi sasaran serangan bom berdaya ledak tinggi. Serangan bom itu menewaskan 168 orang.

2011
Fidel Castro mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Komunis Kuba. Beberapa tahun sebelumnya, ia juga telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Kuba. Pengunduran diri Castro sebagai pemimpin Partai Komunis Kuba itu disebabkan masalah kesehatannya yang terus menurun.