Sejarah Hari Ini: 18 April 1955, Albert Einstein Meninggal Dunia

Albert Einstein. (History.com)
18 April 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20 asal Jerman, Albert Einstein, meninggal dunia di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat (AS) pada usia 76 tahun, 18 April 1955.

Meninggalnya Albert Einstein itu merupakan salah satu dari sekian peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 18 April. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 18 April:

1942
Pasukan Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) menyerbu ibu kota Jepang, Tokyo, dan tempat-tempat lainnya di Pulau Honshu. Serangan AS itu hanya menelan tiga korban jiwa dan hanya bertujuan untuk membuktikan bahwa AS mampu menyerang Jepang dengan mudah setelah Jepang menyerang Peral Harbour beberapa bulan sebelumnya.

Isoroku Yamamoto. (Wikimedia.org)
1943
Pasukan Amerika Serikat (AS) menyerang pasukan Jepang di Pulau Bouganville, Pasifik Selatan. Dalam serangan itu, pasukan AS berhasil menjalankan misinya untuk membunuh petinggi militer Jepang, Isoroku Yamamoto, yang dituding sebagai otak di balik Serangan Pearl Harbour.

1945
Pasukan Inggris membombardir Pulau Heligoland di Jerman dengan mengerahkan tak kurang dari 1.000 pesawat. Setelah melakukan serangan, pasukan Inggris meninggalkan pulau tersebut begitu saja sehari kemudian.

1945
Pertemuan terakhir negara anggota Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dilaksanakan di Jenewa, Swiss. Dua hari kemudian, LBB resmi dibubarkan dan digantikan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) beberapa bulan kemudian. LBB dianggap telah gagal menjalankan tugas mencegah pecahnya perang, terbukti dengan pecahnya Perang Dunia II dan beberapa perang yang melibatkan beberapa negara sebelumnya.

1955
Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Afrika diselenggarakan di Gedung Merdeka, Bandung, Indonesia. Konferensi tersebut melibatkan negara-negara di Asia dan Afrika yang kebanyakan belum lama memperoleh kemerdekaan. Konferensi tersebut berlangsung selama enam hari.

1955
Seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20 asal Jerman, Albert Einstein, meninggal dunia di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat (AS) pada usia 76 tahun. Selama autopsi, ahli patologi dari Rumah Sakit Princeton, Thomas Stoltz Harvey, mengambil otak Einstein untuk diawetkan, tanpa izin dari keluarga Einstein, dengan harapan bahwa ilmu syaraf masa depan akan mampu menemukan sumber kecerdasan Einstein.

1983
Kelompok teroris menyerang kedutaan besar Amerika Serikat (AS) di Lebanon. Teroris menggunakan bom mobil untuk melakukan serangan. Serangan bom itu mengakibatkan 12 orang tewas.

Daijiro Kato.(Overdrive.in)
2003
Pembalap Moto GP asal Jepang, Daijiro Kato, meninggal dunia setelah beberapa hari sebelumnya mengalami kecelakaan dahsyat yang terjadi pada seri pertama Moto GP 2003. Tragisnya, ia mengalami kecelakaan di seri Moto GP yang digelar di negara asalnya.

2004
Spanyol menarik pulang pasukannya yang menginvasi Irak. Penarikan pasukan itu menyusul serangan bom di Madrid, Spanyol yang menewaskan 191 orang dan diduga disebabkan invasi Spanyol ke Irak.

2007
Sesuai Peraturan Pemerintah No. 24/2007, nama Provinsi Irian Jaya Barat diubah menjadi Papua Barat. Sebelumnya, provinsi tersebut bernama Irian Jaya Barat yang ditetapkan dalam UU No. 45/1999.

Kolom 10 hours ago

Arisan