Deklarasi Kemenangan, Prabowo: Saya Presiden RI 2019-2024!

Prabowo Subianto (tengah) didampingi Tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) menyampaikan konferensi pers tentang klaim kemenangan di rumahnya, Jl Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (17/4 - 2019) malam. (Antara/Galih Pradipta)
18 April 2019 18:30 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto kembali mengklaim kemenangannya dalam Pilpres 2019 sehari setelah pemungutan suara, Kamis (18/4/2019). Kali ini pernyataannya lebih tegas, yaitu sebagai Presiden RI periode 2019-2024 bersama Sandiaga Uno.

Tak hanya itu, dalam pidatonya di depan kediamannya, Jl Kertanegara No 4, Jakarta Selatan, Kamis sore, Prabowo juga mengatakan bakal menyusun pemerintahan yang bersih. Satu lagi yang berbeda dari pidato sebelumnya, kali ini Prabowo didampingi Sandiaga Uno.

”Saudara sebangsa dan setanah air, saya dan Sandiaga Uno mendeklarasikan diri sebagai pemenang, sebagai presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024. Berdasarkan perhitungan riil [internal] 62 persen [suara pemilih],” kata Prabowo dilansir Suara.com.

Prabowo menuturkan deklarasi itu dipercepat karena Prabowo mengklaim ada upaya-upaya mencurangi perolehan suara pemilihnya. Selain itu, Prabowo berjanji bakal membangun pemerintahan yang kuat dan bersih sebagai solusi atas persoalan Indonesia.

Tak hanya itu, ia juga menegaskan bakal merajut silaturahmi dengan kubu rivalnya, yakni Capres dan Cawapres nomor urut 1 Jokowi–Maruf Amin. Pidato ini hanya berselang lama setelah pidato Jokowi di Resto Pelataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis sore.

Dalam pidatonya, Jokowi menyatakan dirinya tetap ingin menjaga hubungan baik dengan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto setelah Pilpres 2019. Meskipun sudah unggul versi quick count, Jokowi belum juga mendeklarasikan kemenangan di Pilpres 2019 secara lugas.

Setelah menyebutkan keunggulan versi quick count, Jokowi memilih agar pendukungnya menunggu hasil penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Jokowi juga tak mengeluarkan tanggapan soal klaim kemenangan oleh Prabowo semalam.

"Sudah sering saya sampaikan, bahwa persahabatan dan tali silaturahmi kami, saya dan Pak Kiai Maruf tidak akan putus dengan Pak Prabowo dan Pak Sandi," kata Jokowi dalam pidatonya di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019), yang disiarkan live oleh Kompas TV.