Sejarah Hari Ini: 17 April 1941, Yugoslavia Menyerah kepada Jerman

Infanteri Yugoslavia meletakkan senjata mereka sebagai tanda menyerah kepada Jerman. (Wikimedia.org)
17 April 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Kerajaan Yugoslavia secara resmi menyerah kepada Jerman, 17 April 1941. Sebagian wilayah negara tersebut kemudian diduduki oleh Jerman hingga akhir Perang Dunia II pada 1945.

Menyerahnya Yugoslavia kepada Jerman itu hanyalah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 17 April dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 17 April:

1349
Kekuasaan Dinasti Bavand di Iran yang sudah berlangsung sejak 651 runtuh. Runtuhnya Dinasti Bavand di Iran sekaligus membuat Dinasti Afrasiyab menguasai Iran hingga 1504.

Christopher Columbus. (Wikimedia.org)
1492
Kerajaan Spanyol menandatangani perjanjian kerja sama dengan penjelajah asal Genoa, Italia, Christopher Columbus. Dalam perjanjian itu, Kerajaan Spanyol bersedia membiayai pelayaran Columbus ke wilayah Asia demi mendapatkan rempah-rempah.

1797
Pemberontak orang-orang Verona, Italia terhadap pasukan Prancis yang menduduki wilayah tersebut dimulai. Pemberontakan itu berlangsung selama delapan hari dan berakhir dengan kemenangan Prancis.

1895
Kekaisaran Dinasti Qing dan kekaisaran Jepang menandatangani Perjanjian Shimonoseki di Akamagaseki—sekarang disebut Shimonoseki—demi mengakhiri Perang Tiongkok-Jepang I yang berlangsung sejak 1 Agustus 1984. Dalam perjanjian tersebut, Kekaisaran Dinasti Qing menyerahkan Semenanjung Korea, Taiwan, Pescadores, dan Semenanjung Liaodong kepada Jepang.

1941
Kerajaan Yugoslavia secara resmi menyerah kepada Jerman. Sebagian wilayah negara tersebut kemudian diduduki oleh Jerman hingga akhir Perang Dunia II pada 1945.

1945
Pasukan Brasil berhasil membebaskan Kota Montese di Italia dari cengekeraman Jerman. Sebelumnya, pasukan Brasil harus bertempur dengan tentara Jerman selama kurang lebih tiga hari.

1946
Suriah memperoleh kemerdekaannya secara penuh setelah Prancis menarik semua tentaranya dari Suriah. Proses penarikan pasukan Prancis sudah dilaksanakan sejak beberapa hari sebelumnya.

1961
Sekitar 1.500 orang Kuba yang sebelumnya mengungsi ke Amerika Serikat (AS) mendarat di Teluk Babi, Kuba. Mereka telah dilatih oleh CIA dan diberi senjata oleh pihak AS untuk menggulingkan kekuasaan Fidel Castro di Kuba. Namun, tujuan utama dari peristiwa yang disebut dengan Invasi Teluk Babi itu gagal dicapai.

Victoria Caroline Adams. (Reuters)
1974
Victoria Caroline Adams lahir di Harlow, Essex, Inggris. Namanya kemudian dikenal luas sebagai salah satu anggota dari grup vokal Spice Girls. Kini, namanya juga dikenal sebagai desainer ternama dan merupakan istri dari mantan bintang sepak bola, David Beckham.

1975
Pasukan Partai Komunis Kampuchea atau juga dikenal sebagai Khmer Merah berhasil menduduki ibu kota Kamboja di Phnom Penh dan berhasil menggulingkan pemerintah penguasa Kamboja. Peristiwa itu sekaligus mengakhiri Perang Saudara Kamboja antara Kerajaan Kamboja dan Khmer Merah yang berlangsung sejak 11 Maret 1967. Dengan kemenangan Khmer Merah, Kerajaan Kamboja dibubarkan dan kemudian digantikan Kamboja Demokratik.