Unggul di Quick Count, Jokowi Belum Klaim Kemenangan

Joko Widodo dan Iriana Widodo menunjukkan jari bertinta setelah mencoblos di Jakarta, Rabu (17/4 - 2019). (Reuters/Edgar Su)
17 April 2019 17:37 WIB Adib Muttaqin Asfar Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Meski hasil sementara quick count sejumlah lembaga survei menunjukkan keunggulan pasangan 01 Jokowi-Maruf Amin, Jokowi belum mengklaim dirinya sudah menang. Jokowi meminta para pendukungnya untuk menunggu hasil penghitungan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang masih dalam proses.

Hal itu dikatakan Jokowi saat berpidato di depan pendukungnya di Djakarta Theater, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2019) sore. Jokowi menyebut indikasi kemenangannya memang sudah terlihat melalui hasil quick count dan exit poll. Namun dia meminta pendukungnya agar bersabar.

"Dari indikasi exit poll dan quick count, kita sudah lihat semuanya. Tapi kita harus bersabar menunggu penghitungan dari KPU secara resmi," kata Jokowi menyinggung sejumlah publikasi hasil quick count yang masih terus berjalan.

Yang terakhir, Jokowi meminta agar masyarakat kembali menjalin persaudaraan dan persatuan setelah proses Pemilu 2019 yang sangat panjang. "Kita kembali bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air, menjalin persatuan dan persaudaraan kita sebagai sauedara sebangsa dan setanah air."

Di lain pihak, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mengklaim dirinyalah yang menang berdasarkan hasil exit poll dan quick count kubunya sendiri. Hal itu dikatakan Prabowo Subianto kepada pendukungnya di depan rumahnya, Jl Kertanegara, Jakarta, seiring hasil sementara quick count sejumlah lembaga survei yang menunjukkan keunggulan Jokowi-Maruf.

Dia mengklaim sejumlah hal yang menurutnya merugikan kubu pasangan 02 dan pendukungnya. "Kita terus terang saja prihatin tadi malam ada kejadian-kejadian yang merugikan pendukung 02. Banyak surat suara yang tidak sampai, banyak TPS dibuka jam 11.00, banyak pendukung kita tak dapat undangan. Belum lagi banyak suara yang sudah dicoblos 01," kata Prabowo.

"Tapi walaupun demikian, hasit exit poll di 5.000 TPS menunujukkan bahwa kita menang 55,4% dan hasil quick count kita menang 52,2%," klaim Prabowo.