Jelang Coblosan, Ketua KPPS Malah Ditusuk Anggota Linmas

Ilustrasi. (Antara)
17 April 2019 15:00 WIB Sholahuddin Al Ayyubi Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Polda Sumatra Selatan menangkap pelaku penusukan Ketua Kelompok Pemilihan Kecamatan  Rio Habibi. Pelaku bernama Febrian anggota Linmas sekaligus anak Ketua RT setempat.

Kapolda Sumatra Selatan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengungkapkan insiden penusukan itu terjadi pada Rabu (17/4/2019) sekitar pukul 07.00 WIB. Peristiwa terjadi saat Ketua KPPS membuka kotak surat suara untuk memastikan isinya masing kosong.

Kemudian, dia menjelaskan kotak surat suara yang seharusnya memiliki 3 anak kunci, ternyata hilang satu. Ketua KPPS memerintahkan Febrian mencari kunci yang hilang itu.

"Saat kuncinya kurang satu, Ketua KPPS meminta pelaku yang merupakan Linmas di TPS 058 RT 04 RW 010 Kelurahan 8 Ilir Kecamatan Ilir Timur, Palembang untuk mencari kuncinya," tutur Zulkarnain kepada Bisnis/JIBI melalui sambungan telepon, Rabu (17/4/2019).

Zulkarnaen juga menjelaskan karena diduga Ketua KPPS tersebut menyuruh dengan cara yang tidak baik, pelaku kesal dan langsung menusuk Rio Habibi di TPS tersebut. Korban pun ambruk karena luka tusukan itu.

"Pelaku sudah kami tangkap dan kami amankan," kata Zulkarnain.

Dia menjelaskan, kendati ada insiden penusukan, proses pemungutan suara tetap berjalan dengan lancar. Saat ini, menurut Zulkarnain, korban sudah dibawa ke rumah sakit untuk dirawat. "Saat ini sudah dirawat di RS. Proses pemungutan tetap berjalan," ujar Zulkarnain.