Sejarah Hari Ini: 16 April 1961, Kuba Dinyatakan Sebagai Negara Komunis

Fidel Castro. (Reuters)
16 April 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pemimpin Kuba, Fidel Castro, mengumumkan bahwa dirinya adalah penganut paham Marxisme–Leninisme, 16 April 1961. Ia juga menyatakan akan menjadikan Kuba sebagai negara yang menganut ideologi komunisme.

Masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 16 April. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah lainnya yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 16 April.

1799
Pertempuran Gunung Tabor yang melibatkan pasukan Kekaisaran Prancis dan Kekaisaran Ottoman meletus di Gunung Tabor, Palestina. Pasukan Prancis di bawah pimpinan Napoleon Bonaparte berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Ottoman pimpinan Abdullah Pasha Al-Azm.

1853
Untuk kali pertama, rel kereta api penumpang dibuka di India. Rel tersebut menghubungkan Kota Mumbay dengan Kota Thane.

Charles Spencer Chaplin. (Biography.com)
1889
Charles Spencer Chaplin lahir di London, Inggris. Ia lantas dikenal luas sebagai aktor terkenal pada era film bisu dengan nama panggung Charlie Chaplin. Chaplin menerima gelar Knight Commander of the British Empire (KBE) dari Ratu Elizabeth II pada 1975.

1919
Pasukan Polandia melancarkan serangan ke Kota Vilnius demi merebut kota tersebut dari pasukan Rusia. Pasukan Polandia berhasil memenangkan pertempuran itu dan merebut Kota Vilnius. Kini, Kota Vilnius menjadi bagian dari Lituania.

1944
Pesawat pengebom Sekutu menyerang Kota Belgrade, Serbia. Serangan itu dilakukan demi mengusir pasukan Jerman dan para aliansinya yang telah menduduki kota tersebut. Sekitar 1.100 orang tewas dalam serangan itu.

1945
Lebih dari 7.000 jiwa melayang ketika kapal pengungsi Jerman, Goya, tenggelam di perairan sebelah barat Jerman. Kapal tersebut tenggalam setelah diserang kapal selam milik Uni Soviet.

1961
Pemimpin Kuba, Fidel Castro, mengumumkan bahwa dirinya adalah penganut paham Marxisme–Leninisme dalam sebuah pidato. Ia juga menyatakan akan menjadikan Kuba sebagai negara yang menganut ideologi komunisme.

Personel The Rolling Stones. (Rollingstone.com)
1964
Band asal Inggris The Rolling Stones meluncurkan album pertamanya bertajuk England's Newest Hit Makers. Album tersebut berisi 12 lagu yang direkam di Regent Studios, London, Inggris. Sepanjang kariernya, The Rolling Stones telah meluncurkan 30 album studio.

1978
Igor Tudor dilahirkan di Split, Yugoslavia. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Italia, Juventus, sejak 1998 sampai 2007. Tudor kemudian gantung sepatu pada 2008 dan menekuni dunia kepelatihan. Ia diketahui sempat melatih klub besar di Turki, Galatsasaray, pada 2017 lalu.

2007
Seorang mahasiswa bernama Cho Seung-Hui menembaki 32 orang di kampus Virginia Tech, Virginia, Amerika Serikat (AS). Salah seorang dari korbannya adalah orang Indonesia, yakni Partahi Mamora Halomoan Lumbantoruan, seorang mahasiswa Fakultas Teknik Sipil di kampus tersebut. Setelah melakukan penembakan yang brutal, Cho Seung-Hui bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri.