Peta Terakhir Jokowi-Maruf Vs Prabowo-Sandiga Per Wilayah

Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto seusai mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3 - 2019). (Antara/Hafidz Mubarak A)
16 April 2019 00:00 WIB Adib Muttaqin Asfar Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Sejumlah lembaga survei mempublikasikan hasil survei elektabilitas terakhir kedua pasangan capres-cawapres menjelang pemungutan suara Pemilu/Pilpres 2019. Kali ini, Solopos.com memaparkan elektabilitas kedua pasangan di masing-masing wilayah di Indonesia berdasarkan hasil survei dua lembaga, yaitu Poltracking Indonesia dan Charta Politika.

Sebenarnya, sedikitnya ada lima lembaga survei yang sudah berulang kali menggelar survei sejak beberapa bulan lalu. Hasilnya, pasangan 01 Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin masih unggul di survei kelima lembaga, yakni Cyrus Network, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Poltracking Indonesia, dan Charta Politika. Sedangkan pasangan 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berada di bawahnya dengan selisih yang bervariasi tiap survei.

Berdasarkan peta wilayah, secara umum baik hasil survei Poltracking dan Charta Politika menunjukkan kecenderungan sama, yakni keunggulan Jokowi-Maruf di berbagai wilayah seperti Jawa, Kalimantan, Bali, hingga Papua. Sedangkan Prabowo-Sandiaga unggul di Sumatra, Banten, dan DKI Jakarta.

Namun perbedaannya, hasil survei Poltracking menyebutkan Jokowi-Maruf kalah dari Prabowo-Sandiaga di Jawa Barat. Sedangkan sebaliknya, Charta Politika menyebutkan Jokowi-Maruf menang di provinsi tersebut.

Berikut peta elektabilitas para capres-cawapres di tiap wilayah. Warna merah menunjukkan keunggulan Jokowi-Maruf dan warna biru menunjukkan keunggulan Prabowo-Sandiaga. Klik ikon biru dan merah untuk melihat detail persentase elektabilitas.