Pesawat Terbesar di Dunia Bersayap Segede Lapangan Sepak Bola Mengudara

Pesawat terbesar di dunia (Reuters/Gene Blevins)
15 April 2019 23:10 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, KALIFORNIA – Pesawat terbesar di dunia akhirnya terbang di langit Kalifornia, Amerika Serikat, Sabtu (13/4/2019). Pesawat yang diuji terbang itu merupakan pesawat raksasa dengan dua badan dan enam mesin Boeing 747.

Dikutip dari CNN, Senin (15/4/2019), mega jet itu melakukan penerbangan perdana di Gurun Mojave. Pesawat ini dirancang untuk dibawa ke luar angkasa yang diproduksi perusahaan teknik Stratolaunch Systems.

Jika sudah beroperasi, pesawat raksasa itu bakal mengangkut roket. Konsepnya, pesawat tersebut bakal terbang hingga ketinggian 10 kilometer di atas permukaan bumi. Setelah itu, barulah roket atau satelit yang diangkut dengan pesawat itu diluncurkan.

Pesawat raksasa berwarna putih yang diberi nama Roc itu memiliki bentang sayap sepanjang lapangan sepak bola. Dalam penerbangan perdana, Roc melayang di angkasa sekitar dua jam sebelum akhirnya mendarat.

"Sungguh penerbangan perdana yang luar biasa. Penerbangan ini mengedepankan misi kami untuk menyediaka alternatif yang lebih fleksibel untuk sistem peluncuran satelit dari daratan," terang CEO Stratolaunch, Jean Floyd, seperti dikutip dari Reuters.

Pada masa uji coba, Roc berhasil mencapai kecepatan maksimal, yakni 304 km/jam dengan ketinggan 15,5 kilometer. Proyek pengerjaan pesawat ini didanai oleh Paul Allen, salah satu pendiri Micrsoft. Pesawat itu dibuat untuk meluncurkan satelit kecil. Sayangnya, Paul Allen meninggal pada Oktober 2018 yang membuat masa depan perusahaan menjadi tidak pasti.

"Saya terus membayangkan momen penerbangan ini selama bertahun-tahun. Tapi, saya tidak pernah membayangkan Paul tidak berada di sampingku saat momen ini terjadi," sambung Jean Floyd.