Sejarah Hari Ini: 15 April 1989, Pertandingan Sepak Bola di Inggris Renggut 96 Nyawa

Kondisi Stadion Hillsborough di Kota Sheffield, Inggris saat terjadi Tragedi Hillsborough, 15 April 1989. (Wikimedia.org)
15 April 2019 00:05 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Dalam pertandingan semifinal Piala FA yang mempertemukan Liverpool dan Nottingham Forest, 96 penggemar klub Liverpool tewas akibat saling berdesakan di Stadion Hillsborough di Kota Sheffield, Inggris, 15 April 1989.

Peristiwa yang kemudian dikenal sebagai Tragedi Hillsborough itu merupakan salah satu dari sekian peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 15 April. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 15 April:

Leonardo da Vinci. (Mos.org)
1452
Leonardo da Vinci lahir di Vinci, Provinsi Firenze, Italia. Ia lantas dikenal sebagai seniman kondang. Karyanya yang sangat legendaris adalah lukisan Mona Lisa yang kini terdapat di Museum Louvre di Paris, Prancis.

1912
Kim Il Sung lahir di Mangyongdae, Heian-Nando, Korea. Ia lantas dikenal sebagai Presiden Korea Utara yang memimpin sejak 1948 hingga akhir hayatnya pada 1994. Hari lahirnya merupakan salah satu hari libur nasional di Korea Utara.

1935
Try Sutrisno lahir di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Hindia-Belanda. Pada 1988 hingga 1993, Try menjabat sebagai Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Ia kemudian mendampingi Presiden Soeharto sebagai wakil presiden dari 1993 hingga 1998.

1940
Tentara Sekutu mendarat di Narvik, Norwegia dan menyerang tentara Jerman yang menduduki wilayah tersebut. Pasukan Jerman telah menduduki wilayah Narvik di Norwegia beberapa hari sebelumnya.

1940
Dick Mc Donald dan Mac Mc Donald mendirikan sebuah perusahaan waralaba berwujud restoran di San Bernardino, California, Amerika Serikat (AS). Selang 15 tahun kemudian, restoran tersebut resmi memiliki nama Mc Donald setelah Ray Kroc membelinya. Nama restoran Mc Donald untuk kali pertama disematkan di restoran yang berada di Des Plaines, Illinois, AS.

1941
Pasukan Angkatan Udara Jerman membombardir Kota Bellfast di Irlandia Utara menggunakan pesawat tempur. Lebih dari 1.000 jiwa melayang dalam serangan tersebut, termasuk warga sipil.

Boeing B-52 Stratofortress. (Wikimedia.org)
1952
Pesawat pengebom milik Amerika Serikat (AS) Boeing B-52 Stratofortress melakukan penerbangan pertamanya. Pesawat ini pernah digunakan Angkatan Udara AS dalam Perang Vietnam dan Perang Teluk.

1969
Militer Korea Utara menembak jatuh pesawat milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) di Laut Jepang. Dalam peristiwa itu, seluruh penumpang yang berjumlah 31 orang tewas.

1989
Dalam pertandingan semifinal Piala FA yang mempertemukan Liverpool dan Nottingham Forest, 96 penggemar klub Liverpool tewas akibat saling berdesakan di Stadion Hillsborough di Kota Sheffield, Inggris. Peristiwa tersebut lantas dikenang dengan nama Tragedi Hillsborough. Tragedi tersebut diperingati setiap tahunnya oleh pihak klub dan para suporter Liverpool.

1990
Uni Soviet mengancam untuk menyetop suplai gas alam dan minyak bumi ke Lituania. Hal itu disebabkan pihak Lituania yang menyatakan telah memisahkan diri dari Uni Soviet.