Tempo Institute Gelar Workshop Liputan Investigasi di Solo

Poster program liputan investigasi bersama Tempo. (Istimewa)
14 April 2019 23:00 WIB Adib Muttaqin Asfar Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Tempo Institute akan menggelar workshop peliputan investigasi bertajuk Investigasi Bersama Tempo#4 di Monumen Pers Solo, Sabtu-Minggu (27-28/4/2019). Acara tersebut rencananya akan diikuti 30 jurnalis media massa arus utama dan aktivis pers mahasiswa di Soloraya dan Jawa Tengah.

Solo menjadi salah satu dari 10 daerah di Indonesia yang menyelenggarakan workshop. Ketua panitia lokal workshop, Cahyadi Kurniawan, mengatakan akuntabilitas media menjadi tema utama program Investigasi Bersama Tempo tahun 2019.

Cahyadi mengatakan media idealnya tak sekadar menjadi pembawa informasi, tapi juga melewati dimensi yang lebih jauh yakni menjadi rujukan utama publik untuk mendapatkan informasi yang berkualitas. “Program ini menjadi penjabaran fungsi pers sebagai pengawasan (watchdog) atas fungsi good governance pengelolaan publik oleh pemerintah,” ujar Cahyadi saat ditemui Solopos.com, Minggu (14/4/2019).

Selain materi dari Tempo Institute, workshop ini juga akan diisi dengan diskusi dan brainstorming tentang kasus perdagangan manusia atau human trafficking yang menjadi salah satu kasus pelik di Indonesia. Diskusi ini akan menghadirkan Komisioner Komnas Perempuan Indriyati Suparno sebagai pemantik.

Pendaftaran workshop yang bekerja sama dengan Free Press Unlimited, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Solo, dan Monumen Pers Nasional Solo ini masih dibuka hingga Jumat (19/4/2019). Jurnalis umum maupun pers mahasiswa dapat mendaftarkan diri secara online melalui link https://bit.ly/2IdJTN1.

“Peserta workshop berkesempatan mendapatkan fellowship dari Tempo jika usulan liputan mereka terpilih,” ujar Cahyadi.