Libur Pemilu dan Paskah, Tiket KA Tujuan Solo Nyaris Ludes

Kereta api 84 Sancaka Reguler rute Jogja menuju Surabaya melintasi jalur ganda di Stasiun Kemiri, Kebakkramat, Karanganyar, Selasa (5/3/2019). (Solopos - Wahyu Prakoso)
14 April 2019 22:30 WIB Farida Trisnaningtyas Nasional Share :

Solopos.com, SOLO — Tiket kereta api untuk rute Jakarta–Solo pada periode 16 – 21 April nyaris ludes. Tingginya permintaan ini lantaran adanya momen Pemilu pada 17 April 2019 dan libur Paskah pada 19 April 2019. Bahkan, pada tanggal adanya Pemilu dan Paskah tersebut, tiket kereta api untuk rute tertentu via Solo habis terjual.

Wakil Kepala Stasiun Solo Balapan, Gunawan Sutrisno, mengatakan tiket kereta api eksekutif tujuan Jakarta – Solo ludes khususnya pada 17 April dan 18 April. Sedangkan H-1 (16 April) sebelum Pemilu Presiden dan Legislatif yang tersisa adalah KA Argo Dwipangga berangkat pukul 08.00 WIB dari Stasiun Gambir, Jakarta.

“Pada periode tersebut memang banyak tiket KA tujuan Solo habis. Tingginya permintaan ini kemungkinan karena adanya Pemilu dan libur Paskah. Jika boleh dibilang ini long weekend, jadi masyarakat memanfaatkannya baik untuk mencoblos atau pulang ke kampung halaman,” ujarnya, kepada wartawan, Minggu (14/4/2019).

Gunawan memaparkan sejumlah tiket KA yang masih tersisa untuk tujuan Solo adalah KA Argo Dwipangga pada 16 April, KA Argo Lawu pada 19 April, serta dua KA jarak jauh yang melintas Solo tujuan Jawa Timur, yakni Bima (19 April), dan Gajayana (19 April). Adapun KA Argo Dwipangga untuk 16 April tinggal 200 seat.

Di sisi lain, tiket KA eksekutif yang habis terjual untuk periode 16 – 18 April ini adalah KA Jayakarta Premium, Senja Utama Solo, KA Bima, KA Gajayana, KA Gajayana Priority, KA Argo Lawu, dan KA Argo Lawu Fakultatif. “Jumlah tiket yang masih tersisa bisa terus berkurang lantaran menilik animo masyarakat yang tinggi untuk naik KA saat long weekend,” imbuhnya.

Dari pantauan Solopos.com, Minggu malam, melalui aplikasi KAI Access, situs www.kai.id, maupun online travel agent (OTA) Traveloka, tiket KA untuk kelas ekonomi juga ludes untuk periode 16 – 18 April 2019.

Ini untuk KA yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan tujuan baik Stasiun Purwosari maupun Stasiun Jebres. Sejumlah KA tersebut adalah KA Matarmaja, Brantas, dan Majapahit di Stasiun Jebres, dan KA Gaya Baru Malam Selatan, KA Bengawan, KA Singasari turun di Stasiun Purwosari.

Selain itu, tiket KA yang juga habis adalah rute Solo – Jakarta untuk periode 20 – 21 April 2019. Ini baik tiket KA eksekutif atau pun ekonomi. Bahkan, untuk tiket KA ekonomi yang berangkat dari Stasiun Jebres ludes hingga 23 April 2019. Tiket ekonomi ini kembali tersedia mulai 24 April 2019 dari Stasiun Jebres. Adapun tiket KA eksekutif tujuan Gambir tersedia mulai 22 April 2019.

Sebelumnya, Kepala Stasiun Balapan, Suharyanto, menjelaskan tiket untuk KA tujuan akhir Solo tersedia sekitar 2.000-an seat per harinya. Dalam hal ini untuk KA regular yang perjalanan akhir sampai Stasiun Solo Balapan dilayani oleh 5 KA, yakni KA Lodaya Pagi, Lodaya Malam (Solo – Bandung PP), Argo Lawu, Argo Dwipangga, dan Senja Utama (Solo – Jakarta PP). Ini belum termasuk KA relasi jarak jauh dengan tujuan akhir di Jawa Timur.

KA Lodaya Pagi dan Lodaya Malam masing-masing terdiri dari 4 gerbong eksekutif dengan 50 seat dan 4 kelas ekonomi dengan 80 seat. Dengan demikian, total tempat duduk untuk rute Bandung – Solo sebanyak 1.040 seat.

Sedangkan untuk rute Jakarta - Solo, dilayani KA Argo Lawu, KA Argo Dwipangga masing-masing terdiri dari 9 kelas eksekutif dengan 50 seat. Sementara KA Senja Utama Solo terdiri dari 4 gerbong eksekutif dan 4 kelas ekonomi. Maka dari itu, total keseluruhan tempat duduk untuk rute ini sekitar 1.420 seat.