Jokowi ke Prabowo: Saya Tanya eSport, Kok Bapak Jawab Soal Pertanian

Joko Widodo (kiri) dan KH. Maruf Amin. (Antara)
13 April 2019 23:52 WIB Jafar Sodiq Assegaf Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA - Capres nomor urut 1 Joko Widodo (Jokowi) mengomentari jawaban Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang tidak nyambung soal strategi pengembangan e-sport, dalam debat kelima Pilpres 2019, di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019) malam.

Komentar itu disampaikan Jokowi pada sesi debat terbuka kedua, tepat sebelum calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyampaikan pertanyaan untuk kubu 02.

"Maaf Pak, ini nanti yang tanya Kiai Maruf Amin. Tadi saya bertanya mengenai pengembangan e-sport, [contohnya] Mobile Legend, di Indonesia. Saya mau cerita mengenai PUBG, DOTA dan lainnya, tapi jawaban bapak tadi [soal] pertanian, kok tidak nyambung," kata Jokowi.

Meski demikian, Jokowi menyebut hal itu tidak menjadi masalah. Ia malah mengucap maaf atas pernyataan tersebut, dan kembali mempersilakan Maruf Amin menyampaikan pertanyaan. "Tapi ya enggak apa-apa. Maaf. Sekarang yang mau tanya Kiai Maruf Amin, silakan," katanya.

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menilai bahwa yang diperlukan Indonesia bukan hanya perkembangan ekonomi digital, tetapi swasembada pangan termasuk harga bahan pokok yang terjangkau bagi masyarakat.

Prabowo menegaskan, akan mengeluarkan kebijakan yang mendasar, yakni yang menjawab kebutuhan pangan nasional, sehingga bisa meningkatkan produksi pertanian, penghasilan petani dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat baik petani, nelayan, buruh dan guru honorer.

Pernyataannya tersebut menanggapi pertanyaan Jokowi terkait strategi Prabowo-Sandiaga dalam mengembangkan sektor digital ekonomi e-sport, contohnya Mobile Legend.

"Digital-digital itu bagus, tapi rakyat kita butuh swasembada pangan. Pangan dalam harga terhangkau, kita harus turunkan harga, rakyat kita sedang susah, kita harus jaga kekayaan Indonesia," katanya.