Sejarah Hari Ini: 12 April 1927, Pembantaian Anggota Partai Komunis Tiongkok Dimulai

Pemimpin Partai Nasionalis Tiongkok, Chiang Kai/shek, yang memerintahkan pembantaian anggota Partai Komunis Tiongkok. (Wikimedia.org)
12 April 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pemimpin Partai Nasionalis Tiongkok, Chiang Kai-shek, memberikan perintah kepada pasukan militernya beserta Tentara Revolusioner Tiongkok untuk melakukan pembantaian terhadap anggota Partai Komunis Tiongkok di Shanghai, 12 April 1927.

Dimulainya pembantaian anggota Partai Komunis Tiongkok itu merupakan salah satu dari sekian peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 12 April. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 12 April:

1204
Tentara Salib berhasil menembus tembok pertahanan Kota Konstantinopel—kini Istanbul di Turki—dan melakukan serangan. Sehari kemudian, Tentara Salib berhasil merebut kota tersebut dari Kekaisaran Romawi Timur.

1861
Perang Saudara Amerika Serikat (AS) antara Union Amerika dan Konfederasi Amerika meletus. Perang tersebut dipicu perbedaan pendapat antara negara bagian AS di utara—yang kemudian disebut Union—yang menentang perbudakan dan negara bagian AS bagian selatan—yang kemudian disebut Konfederasi—yang masih tetap ingin mempertahankan perbudakan. Perang tersebut berlangsung hingga 9 April 1865 dan berakhir dengan kemenangan Union.

1877
Pasukan Inggris berhasil menguasai Transvaal atau kini lebih dikenal dengan nama Afrika Selatan (Afsel). Pemerintah Inggris kemudian mengontrol negara tersebut hingga 1881.

1917
Setelah bertempur selama berhari-hari, pasukan Kanada berhasil mengalahkan Pasukan Jerman dalam Pertempuran Bukit Vimy. Pasukan Kanada juga berhasil merebut Bukit Vimy dari cengkeraman Jerman. Kini, Bukit Vimy menjadi wilayah kekuasaan Prancis.

1927
Pemimpin Partai Nasionalis Tiongkok, Chiang Kai-shek, memberikan perintah kepada pasukan militernya beserta Tentara Revolusioner Tiongkok untuk melakukan pembantaian terhadap anggota Partai Komunis Tiongkok di Shanghai. Pembantaian tersebut diperkirakan menelan korban jiwa mencapai 5.000 orang dari pihak Partai Komunis Tiongkok. Peristiwa itu kemudian memicu meletusnya Perang Saudara Tiongkok.

Franklin D. Roosevelt. (History.com)
1945
Presiden ke-32 Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt meninggal dunia karena mengalami pendarahan pada otak besar. Ia meninggal saat masih menjabat sebagai presiden AS. Ia kemudian digantikan wakilnya, Harry S. Trauman.

1946
Suriah terbebas dari pendudukan Prancis setelah pasukan Prancis mulai menarik diri dari negara terseut. Evakuasi pasukan Prancis dari Suriah berakhir pada 17 April 1946.

1961
Kosmonaut asal Uni Soviet berhasil terbang ke luar angkasa menggunakan wahana luiar angkasa Vostok-1 yang diluncurkan dari Kosmodrom Baykonur, Kazakhstan. Keberhasilan itu menjadikan Yuri sebagai manusia pertama yang berhasil mencapai luar angkasa.

Oh Se-hun. (Flare.com)
1994
Oh Se-hun dilahirkan di Seoul, Korea Selatan. Kini, namanya dikenal luas sebagai anggota dari boyband ternama asal Korsel, EXO. Selain itu, Se-hun juga beberapa kali membintangi serial televisi.

1994
Sebuah bom meledak di bus yang dipenuhi penumpang di Israel. Serangan bom itu mengakibatkan enam orang tewas dan 25 lainnya mengalami luka-luka. Kelompok Hamas menyatakan diri sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan bom tersebut.