Jelang Operasi Menumpas Boko Haram dkk, Nigeria Evakuasi Warga Sipil

Logo Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). - Reuters
11 April 2019 23:10 WIB Newswire Internasional Share :

Solopos.com, JENEWA - Pasukan Nigeria mengevakuasi seluruh penduduk di salah satu kota yang padati 10.000 warga di negara bagian Borno tanpa peringatan pada Senin (8/4/2019). Evakuasi itu dilakukan jelang operasi melawan militan.

Militer merelokasi warga Jakana ke kamp yang berada di Kota Maiduguri, yang jauhnya sekitar 40 kilometer. Beberapa di antaranya datang tanpa membawa apapun. Wilayah timur laut menjadi medan tempur dalam perjuangan satu dekade Nigeria melawan pemberontak Islam, ISIS Provinsi Afrika Barat dan Boko Haram.

Gelombang serangan militan pada Desember, saat sejumlah kota dan pangkalan militer dikuasai, menyebabkan puluhan ribu warga sipil menyelamatkan diri ke Maiduguri. Kedatangan mereka membuat kamp-kamp yang ada membeludak.

"Seluruh Kota Jakana dikosongkan, dan para warga terpaksa mengungsi ke Maiduguri. Mereka diberikan waktu yang sangat terbatas untuk mengumpulkan barang pribadinya," ungkap kordinator kemanusiaan PBB untuk Nigeria, Edward Kallon dalam satu pernyataan, Kamia (11/4/2019).

Penduduk Jakana mengatakan militer sedang melakukan evaluasi penduduk terhadap anggota Boko Haram.

Sumber : Antara