Selain Jokowi-Maruf, Surat Suara di Malaysia Juga Tercoblos Pada Anak Bos Lion Air

Petugas logistik KPU Pusat memeriksa surat pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 untuk pemilih luar negeri di gudang logistik KPU di Benda, Tangerang, Banten, Kamis (7/2 - 2019). (Antara/Muhammad Iqbal)
11 April 2019 18:00 WIB Jaffry Prabu Prakoso Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Video soal surat suara di Malaysia yang sudah tercoblos untuk pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dipastikan benar. Ternyata, surat suara dengan gambar anak pemilik Lion Air dan Duta Besar Malaysia, Rusdi Kirana, juga tercoblos meski pemungutan suara di sana belum berlangsung.

Putra Rusdi yang bernama Davin Kirana ini diketahui adalah calon anggota legislatif (caleg) muda karena lahir pada 22 April 1996. Itu artinya sebentar lagi akan berusia 23 tahun. Dia menjadi caleg DPR dari Partai Nasdem untuk daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta II, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Luar Negeri dengan nomor urut 2.

Sebelumnya beredar video surat suara tercoblos di Malaysia. Ada tiga video yang beredar. Padahal, pemungutan suara Pemilu 2019 di Malaysia baru akan melakukan pemungutan pada Minggu (14/4/2019) mendatang.

Surat yang ditemukan itu telah dicoblos untuk pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Berdasarkan salah satu rekaman yang dilihat Bisnis/JIBI, seorang pria menggambarkan situasi di lapangan. Ada puluhan plastik hitam besar berisi surat suara.

“Kita sudah melakukan penggerebekan ini di Bandar Baru Bangi [Malaysia] di university tempatnya. Barang-barang yang sudah dicoblos,” kata pria dalam video itu.

Dalam video tersebut, seorang pria lain yang ikut menggerebek menunjukkan surat suara untuk Pilpres 2019 dan pemilu legislatif.  Untuk surat suara Pilpres 2019, semua coblosan ditemukan pada pasangan nomor urut 01. Sementara untuk Pemilu Legislatif, bekas coblosan ada pada Davin nomor urut 2 dan Achmad nomor urut 3 dari Partai Nasdem.

Sumber : Bisnis/JIBI