6 Kecelakaan Bus Suroboyonan, 3 Di Antaranya Sugeng Rahayu

Bus Sugeng Rahayu jurusan Surabaya-Yogyakarta terjun bebas di jembatan Sidowayah, Kabupaten Ngawi, Rabu (3/4 - 2019) dini hari. (Istimewa/Facebook)
11 April 2019 16:15 WIB Syifaul Arifin/Suharsih Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Bus Eka rute Surabaya-Jogja menabrak tiga sepeda motor dan menyebabkan satu orang meninggal dunia di Ringroad, Sidoharjo, Sragen, Rabu (10/4/2019) sekitar pukul 22.30 WIB.

Ini merupakan kejadian kecelakaan keempat dalam dua pekan terakhir yang melibatkan bus jurusan Surabaya-Jogja dalam dua pekan terakhir. Berikut data enam kasus kecelakaan bus yang melibatkan bus Surabaya-Jogja-Magelang di Soloraya dan Madiun Raya sepanjang 2019 yang dihimpun Solopos.com:

1. Bus Mira Tabrak Pohon di Kartasura

Bus Mira S 7266 US menabrak pohon peneduh di tepi jalan Solo-Jogja, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (4/1/2019). Kernet dan sopir bus serta satu penumpang terluka. Bus menghindari motor yang hendak belok.

2. Bus Mira Tabrak Motor di Klaten

Bus Mira S 7166 US jurusan Surabaya-Jogja menabrak pengendara sepeda motor hingga meninggal dunia di depan Mapolres Klaten, Jumat (8/2/2019) pukul 05.45 WIB. Saat itu kondisi hujan, bus mengebut dan menabrak motor. Motor korban terseret hingga 7 meter.

bus mira klaten

Bus Mira yang menabrak pengendara motor d depan Mapolres Klaten, 8 Februari lalu. (Solopos/Dok)

3. Bus Sugeng Rahayu Terjun ke Sungai Ngawi

Bus Sugeng Rahayu W 7094 UZ jurusan Surabaya-Jogja terjun ke Sungai Sidowayah, Kabupaten Ngawi, Rabu (3/4/2019). Dua Penumpang meninggal dunia dan 14 orang lainnya luka-luka.

Kecelakaan terjadi karena sopir mengantuk, bus yang seharusnya belok di tikungan malah lurus dan menabrak pagar jembatan lalu jatuh ke sungai dalam kondisi terbalik.

4. Bus Sugeng Rahayu Terbalik di Hutan Jati Ngawi

Hanya berselang enam hari setelah bus Sugeng Rahayu terjun ke sungi di Ngawi, bus dengan nama sama berpelat nomor W 7197 UZ jurusan Solo-Surabaya terbalik setelah menabrak pohon di hutan jati tepi jalan raya Ngawi-Mantingan km 20-21, Desa Banyubiru, Widodaren, Kabupaten Ngawi, Selasa (9/4/2019).

Bus berpenumpang 60 orang itu menabrak pohon jati lalu terbalik, menyebabkan 13 orang luka-luka. Penyebabnya bus gagal menyalip truk di depannya dan banting setir karena ada kendaraan lain dari arah berlawanan.

5. Bus Eka Tabrak 3 Motor di Sragen

Bus Eka S 7539 jurusan Magelang-Surabaya menabrak tiga motor di ring road utara Sragen, Rabu (10/4/2019) pukul 22.30 WIB. Ban bus bagian depan sebelah kanan pecah.

Bus lalu menabrak pohon dan pagar rumah kemudian menabrak pohon lagi dan tiga motor dari arah berlawanan. Bus berhenti setelah menabrak pohon ketiga. Satu pembonceng motor, Suprapti, 32, meninggal dunia sementara satu orang terluka berat dan empat orang luka ringan.

6. Bus Sugeng Rahayu Tabrak Pagar Makam di Madiun

sugeng rahayu

Bus Sugeng Rahayu kembali mengalami celaka. Kali ini Sugeng Rahayu berpelat nomor W 7079 UZ menabrak median jalan dan pagar makam di jalan raya Solo-Jiwan Kabupaten Madiun, Kamis (11/4/2019) dini hari. Penyebabnya sopir mengantuk. Kecelakaan ini mengakibatkan tiga orang terluka.