Laman LTMPT Sediakan Latihan Soal UTBK SBMPTN 2019, Tinggal Klik

Ilustrasi ujian tulis berbasis komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). (Antara/Indrianto Eko Suwarso)
11 April 2019 16:00 WIB Tamara Geraldine Nasional Share :

Solopos.com, SOLO — Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyediakan latihan soal ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 yang bisa diakses di laman resmi mereka.

UTBK SBMPTN 2019 gelombang I bakal digelar pada Sabtu–Minggu (13-14/4/2019). Ketua LTMPT, Ravik Karsidi, mengatakan contoh soal UTBK dapat diakses melalui laman resmi LTMPT.

“Contoh soal UTBK bisa diunduh di Riwayat UTBK. Caranya login ke laman http://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id. Peserta yang telah mendaftar dapat masuk dalam laman tersebut dengan memasukkan kombinasi email dan password yang telah terdaftar untuk masuk sistem. Pilih menu UTBK dan pilih Riwayat UTBK,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com melalui sambungan telepon, Rabu (10/4/2019).

Siswa yang ingin mengunduh contoh soal UTBK SBMPTN diimbau menggunakan komputer atau laptop. “Selain contoh soal UTBK, peserta juga bisa mengunduh kartu peserta dan tata tertib pelaksanaan UTBK,” ujar dia. UTBK SBMPTN 2019 terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian.

“TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Sedangkan TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah,” ujar dia.

Ravik mengimbau peserta UTBK memerhatikan jadwal dan lokasi tes. “Pada 13 dan 14 April, UTBK akan dimulai. Bagi peserta yang memilih tanggal tersebut harap memerhatikan jadwal tes. Tes UTBK SBMPTN 2019 bakal dibagi dalam sesi pagi yang dimulai pukul 07.30 WIB dan sesi siang yang dimulai pukul 12.30 WIB,” ujar dia.

Siswa Kelas XII SMAN 2 Sukoharjo, Anvita Dian Pertiwi, mengaku sudah mengunduh contoh soal pada laman LTMPT. “Tadi pagi saya dapat informasi dari teman. Teman bilang LTMPT membagikan contoh soal latihan hingga kisi-kisi soal UTBK. Setelah membuka laman LTMPT Jurusan Sains dan Teknologi [Saintek] serta Sosial dan Humaniora [Soshum], saya mendapatkan soal berbeda,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di gerbang SMA Negeri 2 Sukoharjo, Rabu.

Anvita mengaku sering mendatangi kawasan kios buku Sriwedari. Dia membeli buku tes berbagai versi. “Mendekati tes saya membeli berbagai versi buku tes UTBK. Saya mempersiapkan diri saja karena tesnya berbagai macam soal HOTS [Higher Order Thinking Skills],” ujar dia.