Sejarah Hari Ini: 10 April 1970 The Beatles Bubar

Personel The Beatles. (BBC)
10 April 2019 00:20 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, SOLO – Vokalis merangkap basis The Beatles, Paul McCartney, mengumumkan pembubaran grup musiknya, 10 April 1970. Grup beraliran musik rok asal Liverpool, Inggris, bubar karena perpecahan di antara anggotanya.

The Beatles yang bermusik sejak 1960 itu tercatat merilis 12 album sepanjang karier sebelum bubar. Pembubaran The Beatles menjadi salah satu dari sekian peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 10 April.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah lainnya yang dihimpun Solopos.com dari The People History, Brainy History, dan Wikipedia, dalam catatan sejarah dunia hari ini, 10 April:

1815
Gunung Tambora di Sumbawa, Kepulauan Nusa Tenggara meletus. Abu letusannya menyelimuti beberapa pulau di wilayah Hindia-Belanda atau kini Indonesia. Letusan tersebut menyebabkan pendinginan global dan memicu hilangnya musim panas dalam setahun.

1912
Kapal pesiar RMS Titanic mulai pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris menujui New York, Amerika Serikat. Namun, kapal itu tenggelam lima hari kemudian setelah menabrak gunung es di perairan selatan Newfoundland, Kanada. Minimnya sekoci yang tersedia di kapal tersebut membuat penyelamatan penumpang sulit dilakukan. Tak semua penumpang berhasil selamat. Sekitar 1.500 orang dipastikan tewas dalam kejadian tersebut.

 Kapal RMS Titanic meninggalkan pelabuhan di Southampton, Inggris, 10 April 1912. (Wikimedia.org)

1919
Pemimpin revolusi Meksiko, Emiliano Zapata, ditembak mati. Dia meregang nyawa karena terjebak undangan Kolonel Jesus Guarjado yang mengaku bergabung dengan kaum revolusioner.

1925
Novel karangan F. Scott Fitzgerald, The Great Gatsby, diterbitkan. Kini, novel tersebut menjadi bahan pelajaran wajib di sekolah yang memiliki jurusan Sastra Amerika atau Sastra Inggris di seluruh dunia. Novel tersebut berkisah tentang cinta rumit yang terjadi di Long Island, New York City, New York, Amerika Serikat (AS).

1936
Inggris menyerang Italia setelah tercetusnya perang di Absinia. Inggris mengancam mengambil langkah independen yang memperkeruh perang di Eropa.

1945
Pasukan Uni Soviet berhasil merebut Ibu Kota Austria, Wina, yang sebelumnya dikuasai Jerman. Setelah berhasil merebut Wina, Uni Soviet bersama negara-negara anggota Sekutu melanjutkan serangan ke Berlin, Jerman demi mengalahkan Jerman dalam Perang Dunia II.

1970
Vokalis merangkap basis The Beatles, Paul McCartney, mengumumkan pembubaran grup musiknya, 10 April 1970. Grup beraliran musik rok asal Liverpool, Inggris, bubar karena perpecahan di antara anggotanya. The Beatles yang bermusik sejak 1960 itu tercatat merilis 12 album sepanjang karier sebelum bubar.

1972
Pesawat pengebom milik Amerika Serikat (AS) B-52 dilaporkan melakukan pengeboman di wilayah Vietnam Utara, saat Perang Vietnam berkecamuk. Peristiwa itu merupakan yang pertama sejak pesawat tersebut terakhir kali beroperasi di Vietnam Utara pada November 1967.

1986
Vincent Jean Mpoy Kompany lahir di Uccle, Brussels, Belgia. Namanya kini dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub raksasa di Inggris, Manchester City, sejak 2008 silam.

 Vincent Jean Mpoy Kompany (Youtube)

2010
Pesawat Tupolev Tu-154 M yang ditumpangi Presiden Polandia, Lech Kaczynski, dan pejabat setempat jatuh di dekat Bandara Smolensk North, Rusia. Kecelakaan ini menewaskan semua penumpang. Padahal, para penumpang hendak menghadiri peringatan 70 tahun Pembantaian Katyn.

Kolom 7 hours ago

Bahaya Lethong