Sejarah Hari Ini: 8 April 2013, ISIS Libatkan Diri di Perang Saudara Suriah

Bendera ISIS. (Wikimedia.org)
08 April 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Islamic State Iraq and Syria (ISIS) atau Negara Islam Irak Suriah menyatakan ikut serta dalam Perang Saudara Suriah yang berlangsung sejak 15 Maret 2011, 8 April 2013.

Keikutsertaan ISIS dalam Perang Saudara Suriah itu hanyalah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 8 April dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 8 April:

876
Pertempuran antara pasukan Dinasti Saffariyah dan pasukan Dinasti Abbasiyah meletus di Istarband, dekat Dayr Al-Aqul yang kini menjadi wilayah Irak. Pertempuran tersebut berhasil dimenangi pasukan Dinasti Abbasiyah. Pasukan Dinasti Saffariyah yang kalah dalam pertempuran tersebut gagal merebut wilayah Dayr Al-Aqul dari Dinasti Abbasiyah.

1232
Pasukan Kekaisaran Mongol mulai mengepung wilayah kekuasaan Dinasti Jing di Kaifeng, yang kini menjadi bagian dari Tiongkok. Pengepungan itu berlangsung sampai 26 Februari 1233 dan berakhir dengan kemenangan Kekaisaran Mongol yang berhasil menguasai wilayah Kaifeng. Kaisar Dinasti Jin, Aizong, kemudian melarikan diri ke Caizhou setelah kalah.

1832
Sekitar 300 tentara Amerika Serikat (AS) berangkat dari Missouri menuju kawasan Illinois dan Michigan untuk bertempur melawan orang-orang Indian. Pertempuran itu lantas dikenang dengan nama Pertempuran Elang Hitam.

1866
Italia dan Prusia sepakat untuk bersekutu melawan Austria. Bentrok Italia-Prusia melawan Austria yang dikenang dengan nama Perang Austria-Prusia terjadi beberapa bulan kemudian setelah Italia dan Prusia sepakat untuk bersekutu.

Kondisi Kota Leningrad di masa Uni Soviet Pertempuran Leningrad. (Wikimedia.org)
1942
Di tengah-tengah masa Pertempuran Leningrad, Uni Soviet membangun jalur kereta api menuju Kota Leningard demi memudahkan pasukan militernya melakukan pengepungan di kawasan tersebut dan merebutnya dari Jerman. Kota Leningard kini dikenal dengan nama Kota Saint Petersburg dan menjadi wilayah milik Rusia.

1942
Pasukan Jepang berhasil mengambil alih kekuasaan di Bataan, Filipina. Keberhasilan itu diraih pasukan Jepang setelah bertempur melawan pasukan Filipina dan Amerika Serikat (AS) selama lebih dari tiga bulan.

1945
Pasukan Jerman mulai membantau orang-orang Yahudi di Celle, Hanover, Prusia. Lebih dari 3.000 orang diyakini tewas dalam pembantaian tersebut.

1950
India dan Pakistan menandatangani Perjanjian Delhi yang menjamin semua pengungsi perang dapat kembali ke rumahnya dengan selamat. Perjanjian itu ditandatangani Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru dan Perdana Menteri Pakistan Liaquat Ali Khan. Perjanjian tersebut juga dikenal dengan nama Perjanjian Liaquat–Nehru.

2013
Islamic State Iraq and Syria (ISIS) atau Negara Islam Irak Suriah menyatakan ikut serta dalam Perang Saudara Suriah yang berlangsung sejak 15 Maret 2011. ISIS juga menyatakan telah bergabung dengan kelompok Jabhat Al-Nusra di bawah bendera ISIS.

Jasad Paus Tohanes Paulus II. (Reuters-Kai Pfaffenbach)
2005
Upacara pemakaman Paus Yohanes Paulus II yang meninggal beberapa hari sebelumnya digelar. Upacara pemakaman tersebut dihadiri empat raja, lima ratu, dan sedikitnya 70 presiden dan perdana menteri, serta lebih dari 14 pimpinan agama dari agama selain Katolik dari berbagai negara.