Sejarah Hari Ini: 7 April 2003, Pasukan AS Kuasai Ibu Kota Irak

Tank milik AS yang hancur di Bagdad, Irak, awal April 2003. (Wikimedia.org)
07 April 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pada 7 April 2003, pasukan Amerika Serikat (AS) berhasil menduduki Ibu Kota Irak, Bagdad. Beberapa hari kemudian, pemerintahan Irak yang dipimpin Saddam Hussein diumumkan telah runtuh.

Berbagai macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 7 April. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut ini Solopos.com merangkumnya dalam Sejarah Hari Ini, 7 April:

Fransiskus Xaverius. (Wikimedia.org)
1541
Seorang misionaris Kristen asal Portugal, Fransiskus Xaverius, memulai perjalanan menuju kawasan Hindia-Timur dari Lisbon, Portugal. Ia kemudian menjalankan misinya dalam menyebarkan agama Kristen di wilayah Goa, India, hingga di wilayah Makassar, Indonesia.

1939
Pasukan Italia mulai menginvasi Albania. Pertempuran pun kemudian meletus selama lima hari dan berakhir dengan kemenangan Italia yang kemudian menduduki Albania.

1943
Sekitar 1.100 orang Yahudi di Terebovlia, Ukraina dibantai pasukan Jerman. Orang-orang Yahudi itu diperintahkan untuk menanggalkan pakaian mereka dan berbaris sebelum akhirnya ditembaki hingga mati dan dikubur secara massal.

1945
Kapal tempur milik Jepang, Yamato, tenggelam di perairan sebelah utara Okinawa, Jepang. Kapal tersebut tenggelam setelah terlibat pertempuran dengan Sekutu.

1945
Pasukan Yugoslavia berhasil membebaskan Kota Vosko di Yugoslavia dari cengkeraman Jerman. Sebelumnya, kota tersebut telah dikuasai Jerman sejak 1941.

1946
Prancis mengakui kemerdekaan Suriah yang sudah dikuasai sejak 1940. Sekitar 10 hari kemudian, seluruh pasukan Prancis meninggalkan Suriah.

1948
World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia didirikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Kini, WHO bermarkas di Jenewa, Swiss dan dikepalai Tedros Adhanom Ghebreyesus. WHO didirikan sebagai koordinator kesehatan umum internasional.

Cheng Lung alias Jackie Chen. (Knowyourmeme.com)
1954
Cheng Lung dilahirkan di Hong Kong. Kini. ia dikenal luas sebagai aktor, sutradara, penyanyi, sekaligus produser dengan nama Jackie Chen. Ia diketahui pernah membintangi, menyutradarai, sekaligus memproduseri beberapa film layar lebar. Jackie Chen memulai kariernya di dunia hiburan sejak 1962 silam.

2003
Pasukan Amerika Serikat (AS) berhasil menduduki Ibu Kota Irak, Bagdad. Beberapa hari kemudian, pemerintahan Irak yang dipimpin Saddam Hussein diumumkan telah runtuh.

2017
Serangan bom mendera Drottninggatan, Stockholm, Swedia. Akibatnya, lima orang tewas dan 14 lainnya mengalami luka parah. Serangan itu kemudian dituduhkan kepada pria asal Uzbekistan bernama Rakhmat Akilov.

Kolom 7 hours ago

Bahaya Lethong