Ilmuwan AS Bakal Ungkap Penampakan Blackhole Untuk Pertama Kalinya?

Fenomena lubang hitam di angkasa. (Istimewa)
07 April 2019 07:45 WIB Juli Etha Ramaida Manalu Nasional Share :

Solopos.com, WASHINGTON - Ilmuwan disebut akan menampilkan gambar lubang hitam untuk pertama kalinya. Gambar ini menjadi sebuah terobosan di dunia astrofisika yang menyingkap tentang raksasa medan gravitasi yang menarik apa saja yang melintas didekatnya, bahkan cahaya sekalipun.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (6/4/2019) National Science Foundation Amerika Serikat menjadwalkan sebuah konferensi pers di Washington untuk mengumumkan hasil proyek Event Horizon Telescope (EHT), sebuah kerja sama internasional yang dibentuk pada 2012 dengan tujuan mengobservasi langsung lubang hitam.

Konferensi pers serentak dijadwalkan akan dilaksanakan di Brussels, Santiago, Shanghai, Taipei, dan Tokyo. Black hole, disebut sebagai tempat terganas di jagad raya, di mana tidak ada kata kembali jika sesuatu baik itu bintang, planet, gas, debu, atau segala jenis bentuk radiasi elektromagnetik, termasuk cahaya, jika.memang sudah terseret ke dalamnya.

Adapun para ilmuan yang terlibat dalam riset menolak untuk menyingkap temuan yang didapat sebelum adanya pengumuman formal