Sejarah Hari Ini: 6 April 1917, AS Deklarasikan Perang ke Jerman

Pasukan AS terlibat pertempuran dalam Perang Dunia II di Austria. (Wikimedia.org)
06 April 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Amerika Serikat (AS) menyatakan perang terhadap Jerman, 6 April 1917. Dengan begitu, AS langsung terlibat dalam Perang Dunia I dan bergabung dengan Sekutu.

Selain itu, masih banyak peristiwa-peristiwa bersejarah yang layak dikenang dunia dan dirangkum Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org untuk disajikan sebagai Sejarah Hari Ini, 6 April:

1199
Raja Inggris Richard I meninggal dunia di pangkuan ibunya saat senja. Ia disebutkan meninggal dunia karena mengalami infeksi akibat anak panah yang sebelumnya menancap di bahunya saat terlibat dalam suatu pertempuran.

1320
Pemerintah Skotlandia mengirim Surat Deklarasi Arbroath kepada Paus Yohanes XXII. Pengiriman surat itu bertujuan untuk mempertegas kemerdekaan Skotlandia dari Inggris. Deklarasi Arbroath diyakini ditulis di Biara Arbroath oleh Kepala Biara Arbroath, Bernard dari Kilwinning, serta kanselir Skotlandia. Surat tersebut dicap oleh 51 magnat dan bangsawan.

Jan Van Riebeeck. (Thefamouspeople.com)
1652
Pelaut asal Belanda Jan van Riebeeck mendirikan pusat perbekalan di Tanjung Harapan, tanjung di ujung paling selatan dari Benua Afrika. Pusat perbekalan itu kemudian menjadi tempat bagi para pelaut yang melintas untuk menambah bekal mereka. Kawasan tersebut lantas berkembang menjadi kota bernama Cape Town dan kini menjadi ibu kota Afrika Selatan (Afsel).

1896
Olimpiade Musim Panas modern pertama dibuka di Athena, Yunani. Olimpiade itu berlangsung selama semblan hari dan diikuti 245 peserta dari 13 negara. Amerika Serikat (AS) menjadi juara umum dengan meraih 11 medali emas, tujuh medali perak, dan dua medali perunggu.

1917
Amerika Serikat (AS) menyatakan perang terhadap Jerman. Pernyataan itu dikeluarkan dua hari setelah permohonan deklarasi perang Presiden AS Woodrow Wilson kepada Kongres AS dikabulkan. Dengan begitu, AS langsung terlibat dalam Perang Dunia I dan bergabung dengan Sekutu.

Jan Van Riebeeck. (Thefamouspeople.com)
1930
Mahatma Gandi mengambil pasir dan garam di pantai Kota Dandi, India dan menegaskan akan menghancurkan kekuasaan Inggris di India. Peristiwa itu kemudian memulai Gerakan Satyagraha untuk memprotes monopoli garam yang diberlakukan pemerintah Inggris di India.

1941
Pasukan Jerman menginvasi Yugoslavia dan melakukan serangan yang dianggap sebagai serangan paling brutal yang dilakukan militer Jerman. Sebanyak 17.000 warga sipil di Yugoslavia kehilangan nyawa mereka karena serangan pasukan Jerman yang brutal.

1945
Pasukan Australia berhasil mengalahkan pasukan Jepang di Bougainville, Papua Nugini. Kemenangan Australia itu diraih setelah bertempur melawan pasukan Jepang selama sembilan hari.

1994
Presiden Rwanda, Juvenal Habyarimana, dan Presiden Burundi, Cyprian Ntayamira, tewas saat pesawat yang mereka tumpangi jatuh di ibu kota Rwanda, Kigali. Pesawat yang mengalami kecelakaan tersebut mengangkut Juvenal Habyarimana dan Cyprian Ntayamira yang hendak pulang setelah menghadiri pertemuan para pemimpin Afrika bagian timur dan tengah di Tanzania untuk membahas upaya mengakhiri kekerasan etnis di Rwanda dan Burundi.

1998
Pakistan berhasil menguji rudal jarak menengah yang memungkinkan untuk menyerang India. Konflik kedua negara tersebut memang sudah berlangsung sejak lama. Setelah Pakistan berhasil menguji rudal jarak menengahnya, India juga gencar mengembangkan senjata nuklir.

Kolom 7 hours ago

Bahaya Lethong