Puluhan Orang Pingsan di Batam, Jokowi: Hati-Hati, Jangan Ditambah Lagi!

Capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) berpidato di depan ribuan pendukungnya di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (6/4 - 2019). (Antara/MN Kanwa)
06 April 2019 19:00 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, BATAM -- Sekitar 50 orang pingsan karena tidak mampu menahan panas, terik, dan padatnya suasana kampanye pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Bahkan Jokowi sampai mengingatkan massa agar tidak berdesakan karena puluhan orang telah pingsan.

Jokowi tiba di Kompleks Stadion Temenggung Abdul Jamal, Kota Batam, Sabtu (6/4/2019), sekitar pukul 13.45 WIB. Kedatangannya langsung disambut antusias oleh ribuan masyarakat yang menyemut mengelilingi panggung di tengah stadion tersebut.

Saking padat dan teriknya suasana siang itu, warga telah berjatuhan pingsan sebelum orasi politik dimulai. Petugas keamanan dan kesehatan pun berlarian mengevakuasi beberapa warga yang berjatuhan di sisi panggung.

Maka saat akan memulai pidatonya mantan Gubernur DKI Jakarta itu berpesan kepada masyarakat yang hadir agar tetap tertib dan tidak berdesakan.
“Sebelum saya mulai, dilonggarkan, jangan dorong-dorongan. Soalnya sudah 27 yang pingsan. Semua tertib,” kata Jokowi.

Jokowi pun meneruskan pidatonya namun di tengah orasinya masyarakat yang pingsan terus bertambah. “Jangan berdesak-desakan. Yang pingsan sudah lebih dari 30. Hati-hati semuanya,” katanya.

Semakin panas dan padatnya kondisi di lapangan membuat masyarakat yang pingsan bertambah banyak. “Yang pingsan sudah lebih dari 50 orang. Jangan ditambah lagi. Setuju?” kata Jokowi di akhir pidato.

Acara kampanye akbar Jokowi dimeriahkan penampilan band ternama di antaranya Jamrud. Jokowi sendiri setelah melakukan orasi politik melanjutkan kembali perjalanannya ke Jakarta setelah sebelumnya berkampanye di Sumatra Utara. Jokowi dalam pidato meminta agar masyarakat tidak mempercayai kabar bohong atau hoaks yang bertebaran menjelang pemilu.

Sejumlah tokoh yang menyertai Jokowi dalam kampanye tersebut di antaranya Ketua TKN Erick Tohir, Wakil Ketua TKN Moeldoko, dan Ketua Umum PBB dan penasihat hukum Jokowi-Maruf, Yusril Ihza Mahendra.

Sumber : Antara