Sejarah Hari Ini: 5 April 1981, Si Unyil Mulai Tayang di TV

Beberapa karakter dalam serial Si Unyil. (Wikimedia.org)
05 April 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Untuk kali pertama, serial televisi Si Unyil ditayangkan di TVRI, 5 April 1981. Serial tersebut dibuat oleh Raden Soejadi atau yang dikenal sebagai Pak Raden.

Tayangnya Si Unyil untuk kali pertama itu hanyalah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 5 April dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 5 April:

1942
Pasukan Jepang mulai melancarkan serangan udara terhadap pasukan Sri Lanka dan pasukan Inggris di Samudera Hindia dekat Kolombo, Sri Lanka. Serangan itu berlangsung selama empat hari dan berakhir dengan kemenangan Jepang. Pasukan Sri Lanka dan pasukan Inggris menderita kerugian cukup banyak dengan kehilangan ratusan tentaranya dan tenggelamnya kapal HMS Cornwall dan kapal HMS Dorsetshire.

1943
Pesawat pengebom milik Amerika Serikat (AS) membombardir permukiman warga sipil di Kota Mortsel, Belgia. Dari serangan itu, sebanyak 900 warga sipil tewas termasuk 209 anak-anak. Pesawat tersebut ternyata salah sasaran dan tak sengaja membombardir wilayah permukiman itu. Serangan sebenarnya ditujukan untuk sebuah pabrik yang letaknya sekitar 1 km dari wilayah permukiman tersebut.

Josip Broz Tito. (Thefamouspeople.com)
1945
Presiden Yugoslavia, Josip Broz Tito, menandatangani sebuah perjanjian dengan Uni Soviet. Dari perjanjian itu, pasukan militer Uni Soviet diperbolehkan memasuki wilayah Yugoslavia dengan alasan tertentu.

1955
Perdana Menteri Inggris Winston Churchill mengundurkan diri dari jabatannya karena kondisi kesehatannya terus menurun. Setelah pensiun, ia sebenarnya diminta menjadi Adipati di London oleh Ratu Inggris, Elizabeth II, namun tawaran tersebut ia tolak. Churchill mengabiskan masa pensiunnya di rumah pribadinya di Hyde Park Gate, London, Inggris.

1969
Sebanyak 250.000 orang turun ke jalan di Washington D.C., Amerika Serikat (AS) untuk berunjuk rasa menuntut pihak militer AS menarik diri dari keterlibatannya dalam Perang Vietnam. Selain itu, warga di New York, San Francisco, Chicago, Los Angeles, dan kota-kota besar lainnya di AS juga melakukan hal yang sama pada hari yang sama.

1981
Untuk kali pertama, serial televisi Si Unyil ditayangkan di TVRI. Serial tersebut dibuat oleh Raden Soejadi atau yang dikenal sebagai Pak Raden. Si Unyil tayang di TVRI hingga 1993 sebelum akhirnya sempat terhenti dan ditayangkan di beberapa stasiun televisi swasta pada awal 2000-an.

Kurt Cobain. (Rollingstone.com)
1994
Vokalis dan gitaris Nirvana, Kurt Cobain, tewas bunuh diri dengan menembakkan senapan ke kepalanya. Padahal selain usianya masih muda, yakni 27 tahun, Kurt Cobain juga sedang berada di puncak kepopuleran. Banyak pihak menduga Kurt Cobain tewas bunuh diri karena sudah frustrasi menghadapi berbagai permasalahan dalam hidupnya.

2009
Korea Utara (Korut) meluncurkan satelit buatan bernama Kwangmyongsong-2. Banyak negara khawatir satelit tersebut akan membuat Korut makin mudah dalam mengontrol rusal balistik antarbenua yang terus dikembangkan.

2010
Sebuah bom meledak di sebuah gedung di Pakistan yang sedang digunakan untuk menggelar rapat umum oleh partai yang berkuasa di negara tersebut. Pihak berwenang di Pakistan memastikan serangan itu dilakukan kelompok Taliban. Serangan bom tersebut menewaskan 50 orang.

2013
Para pejabat Korea Selatan (Korsel) mengumumkan akan menempatkan dua kapal perang yang dilengkapi dengan sistem pertahan rudal di perbatasan bagian barat dan timur. Keputusan itu diambil menyusul ketegangan dengan Korea Utara (Korut) yang dianggap terus menerus melakukan intimidasi terhadap Korsel.