Video Hoaks Server KPU Direkam di Rumah Mantan Bupati Serang

ilustrasi kejahatan siber, hoax. (Solopos/Whisnu Paksa)
05 April 2019 22:00 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, SERANG -- Video berisi informasi hoaks soal keberadaan server Komisi Pemilihan Umum (KPU) di luar negeri yang diatur untuk memenangkan pasangan Jokowi-Maruf Amin, ternyata dibuat di rumah mantan Bupati Serang periode 2005-2015, Ahmad Taufik Nuriman. Saat itu, ruangannya dipinjam oleh tim sukses Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Memang benar di tempat saya. Pakai ruang breefing, di [rumah] Ciracas [Serang)]" kata Ahmad Taufik Nuriman, saat dimintai konfirmasi, Jumat (5/4/2019), dirilis Suara.com.

Taufik menerangkan saat itu ada tim sukses Prabowo-Sandiaga dari Jakarta yang tengah melakukan kegiatan di Banten. Mereka kemudian meminjam salah satu ruangan di rumahnya untuk melakukan breefing mengenai kondisi di lapangan menjelang pemilihan di Pemilu 2019.

Meski demikian, ia mengaku kaget video itu viral di media sosial. Menurutnya, saat rapat tidak ada orang luar selain tim sukses. "Iya kebetulan ada tim [Prabowo-Sandiaga] dari Jakarta. Saya kan punya ruang breefing, memang benar ditempat saya, pakai ruang breefing, di Ciracas," terangnya.

Lebih jauh Taufik mengatakan, dirinya tidak ingat kapan video itu diambil. Namun Taufik memastikan saat rapat internal, tidak ada orang di luar Timses Paslon 02 yang hadir. "Waduh saya lupa tanggalnya itu. Tim dari Jakarta, kan ada timsesnya Pak Prabowo itu," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam video yang telah viral di media sosial ada seseorang yang mengatakan kalau situs KPU telah dirancang untuk memenangkan Paslon 01, Jokowi-Ma'ruf. Terkait video tersebut, KPU merasa difitnah.

KPU memutuskan untuk melaporkan video itu ke Bareskrim Mabes Polri. Pelaku dituding menyebarkan kabar bohong alias hoaks dan memfitnah lembaga penyelenggara Pemilu.

Sumber : Suara.com