Sejarah Hari Ini: 3 April 801, Barcelona Jatuh ke Tangan Kerajaan Franka

Louis the Pious, orang yang memimpin pasukan Franka merebut Barcelona. (Wikimedia.org)
03 April 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Barcelona jatuh ke tangan Kerajaan Franka, 3 April 801. Hal itu terjadi setelah pasukan Kerajaan Franka berhasil mengalahkan orang-orang Moor yang sebelumnya menguasai Barcelona.

Selain itu, masih banyak peristiwa-peristiwa bersejarah yang layak dikenang dunia dan dirangkum Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org untuk disajikan sebagai Sejarah Hari Ini, 3 April:

801
Pasukan Kerajaan Franka pimpinan Louis the Pious berhasil merebut Barcelona dari tangan orang-orang Moor. Orang-orang Moor adalah sebutan bagi orang beragama Islam yang tinggal di kawasan Andalusia, Maroko, dan Afrika bagian barat.

1865
Di masa Perang Saudara Amerika Serikat (AS), pasukan AS berhasil merebut wilayah Richmond di Virginia yang merupakan ibu kota Konfederasi Amerika. Peristiwa itu merupakan salah satu tanda kekalahan Konfederasi Amerika dari AS. Sekitar sebulan kemudian, Perang Saudara AS dinyatakan berakhir dengan kemenangan AS atas Konfederasi Amerika.

Josef Vissarionovich Stalin. (About-history.com)
1922
Josef Vissarionovich Stalin dilantik sebagai sekretaris jenderal pertama di Partai Komunis Uni Soviet. Ia memangku jabatan tersebut sampai akhir hayatnya pada 5 Maret 1953. Partai Komunis Uni Soviet merupakan satu-satunya partai yang berkuasa di Uni Soviet hingga 1990 saat Majelis Agung Uni Soviet membatalkan peraturan perundang-undangan yang melegalkan monopoli politik Partai Komunis di Uni Soviet..

1942
Pasukan Jepang memulai serangan terhadap pasukan Amerika Serikat (AS) dan Filipina di Semenanjung Bataan, Filipina. Serangan itu kemudian berakhir enam hari kemudian dengan kemenangan Jepang dan berbuntut pada pembantaian yang dilakukan pasukan Jepang terhadap para tahanan perang yang disebut dengan Pembantaian Bataan.

1946
Petinggi militer Jepang Letnan Jenderal Masaharu Homma dieksekusi mati oleh otoritas Filipina di Manila, Filipina. Ia dinyatakan bersalah atas kepemimpinannya dalam Pembantaian Bataan empat tahun sebelumnya.

1948
Presiden Amerika Serikat (AS) Harry S. Trauman menandatangani Rencana Marshall yang dikemukakan Sekretaris Negara George Marshall. Rencana tersebut bertujuan membangun kembali kekuatan ekonomi negara-negara di Eropa dan sebagian Asia setelah Perang Dunia II.

1972
Militer Amerika Serikat (AS) mulai menempatkan ratusan pesawat tempurnya di wilayah Vietnam Selatan. Hal itu bertujuan untuk mempertahankan wilayah Vietnam Selatan dari serangan udara yang dilancarkan Vietnam Utara.

1983
Ben Anthony Foster dilahirkan di Leamington Spa, Inggris. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Manchester United (MU) sejak 2005 hingga 2010. Kini, pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang itu membela klub lain di Inggris, West Bromwich Albion.

Penelope Cruz. (Variety.com)
2011
Penelope Cruz menjadi aktris pertama berkebangsaan Spanyol yang menerima bintang di Walk of Fame Hollywood, California, Amerika Serikat (AS). Bintang milik Cruz ditempatkan di depan El Capitan Theatre.

2016
Legenda sepak bola Italia, Cesare Maldini, meninggal dunia pada usia 84 tahun. Cesare Maldini diketahui memiliki putra yang juga pernah menjadi bintang sepak bola di klub yang pernah ia bela, AC Milan, yakni Paolo Maldini.