Sejarah Hari Ini: 2 April 1595, Cornelis de Houtman Berangkat ke Hindia Timur

Sosok Cornelis de Houtman beserta tanda tangannya. (Wikimedia.org)
02 April 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Tim ekspedisi dari Belanda yang dipimpin Cornelis de Houtman berangkat menuju kawasan Hindia Timur, 2 April 1595. Dari perjalanan itu, Cornelis de Houtman berhasil menemukan wilayah Indonesia sebagai sumber rempah-rempah yang lantas membuat Belanda mulai menguasai Indonesia.

Keberangkatan Cornelis de Houtman ke Hindia Timur itu hanyalah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 2 April dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 2 April:

Juan Ponce de Leon. (History.com)
1513
Penjelajah asal Spanyol, Juan Ponce de Leon, tiba di wilayah yang kini dikenal dengan nama Florida, di Amerika Serikat (AS). Wilayah tersebut memang menjadi tujuan utama Juan Ponce de Leon.

1595
Tim ekspedisi dari Belanda yang dipimpin Cornelis de Houtman berangkat menuju kawasan Hindia Timur. Dari perjalanan itu, Cornelis de Houtman berhasil menemukan wilayah Indonesia sebagai sumber rempah-rempah yang lantas membuat Belanda mulai menguasai Indonesia.

1917
Presiden Amerika Serikat (AS) Woodrow Wilson meminta kepada Kongres AS untuk mendeklarasikan perang terhadap Jerman. Selang empat hari kemudian, kongres AS mengeluarkan deklarasi perang terhadap Jerman. Dengan begitu, AS kemudian terlibat dalam Perang Dunia I yang sudah berlangsung sejak 1914.

Juan Ponce de Leon. (History.com)
1972
Untuk kali pertama, aktor asal Inggris Charlie Chaplin tiba di Amerika Serikat (AS) setelah dilarang berkunjung lantaran dicap sebagai komunis oleh pemerintah AS. Chaplin dituding sebagai komunis oleh AS pada awal 1950-an kala negara tersebut dilanda ketakutan luar biasa terhadap komunisme.

1975
Pasukan Vietnam Utara mulai menyerbu pasukan Vietnam Selatan di wilayah Quang Ngai. Serangan itu membuat ribuan penduduk sipil kabur melarikan diri dari di Quang Ngai.

1979
Wabah antraks untuk kali pertama ditemukan menyerang manusia di Ekaterinburg, Rusia. Sebanyak 62 orang yang tinggal di kawasan tersebut dilaporkan telah tewas setelah terkena wabah antraks.

1982
Pasukan Argentina menginvasi Kepulauan Falkland di sebelah timur negara tersebut. Argentina berusaha merebut kepulauan tersebut dari tangan Inggris karena wilayahnya yang sangat dekat dengan Argentina. Namun perjuangan itu sia-sia setelah Inggris berhasil mengusir pasukan Argentina dari kepulauan Falkland.

1989
Pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev mengunjungi Kuba untuk bertemu dengan Fidel Castro. Dalam pertemuan itu, Gorbachev menyatakan sudah tak mampu memberikan bantuan kepada Kuba dalam bidang ekonomi karena Uni Soviet sedang mengalami krisis.

1990
Miralem Pjanic lahir di Tuzla, Yugoslavia. Kini, namanya dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela salahb satu klub besar di Italia, Juventus, sejak 2016 lalu.

2008
Hari Keprihatinan Autisme Sedunia untuk kali pertama diperingati. Majelis Umum PBB menetapkan Tanggal 2 April sebagai Hari Keprihatinan Autisme Sedunia pada pada 18 Desember 2007. Melalui Hari Peduli Autisme Sedunia, PBB mengimbau semua negara anggotanya untuk mengambil langkah yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap autisme di kalangan masyarakat.