Ini Penonton yang Disemprot Prabowo saat Debat Capres 2019

Capres no 02 Prabowo Subianto saat debat capres putaran keempat di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3 - 2019). (Antara/Hafidz Mubarak)
31 Maret 2019 20:10 WIB Newswire/Rini Y Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA – Meski debat Capres 2019, Sabtu (30/3/2019) malam di Hotel Shangri-La Jakarta telah berakhir, namun beberapa momen masih menjadi perbincangan panas di linimasa media sosial.

Salah satunya, saat Prabowo Subianto capres no urut 02 marah dan semprot penonton debat yang tertawa saat dia menjelaskan kondisi pertahanan Indonesia yang rapuh.

Saat itu, Prabowo yang sedang getol berbicara bahwa pertahanan Indonesia lemah dan rapuh sempat terhenti lantaran dia melihat seseorang di depannya tertawa.

"Elite ya, ya yang ketawa. Kenapa kalian ketawa. Pertahanan Indonesia rapuh kok kalian ketawa? Lucu ya? Kok lucu," kata Prabowo di tengah debat.

Momen tersebut muncul dalam sesi keempat saat Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo terlibat debat terbuka.

Prabowo dalam sesi ini beberapa kali menekankan bahwa pertahanan Indonesia di bawah pemerintahan Jokowi saat ini lemah, salah satunya karena anggaran yang dinilainya kecil.

"Kita bersama ikut bertanggung jawab utnuk pertahanan keamanan negara kita. Jadi di sini saya mempermasalahkan sedikit, bahwa anggapan kondisi pertahanan kita ini sudah memadai ini yang saya pertanyakan. Tadi saya sudah singgung, pembiayaan kita adalah 0,8% dari GDP, 5% dari APBN. Padahal negara tetangga kita 5% dari GDP, 3% APBN mereka," kata Prabowo.

Siapa penonton yang disemprot Prabowo saat debat Capres 2019?

Dikutip Detik.com, Minggu (31/3/2019), Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan tegas menyebut penonton yang tertawa berasal dari kubu petahana Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Itu dari [sebelah] 01," ujar Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandiaga, Yandri Susanto kepada wartawan, Minggu.

Yandri yang saat itu juga tengah berada di ruang debat mengaku mengetahui secara langsung dari mana tawa tersebut berasal. Yandri mengatakan, tawa berasal dari barisan tengah bangku kubu Jokowi-Ma'ruf.

"[Saya lihat] itu dari 01. Dari bangku tengah," katanya.

Politikus PAN itu menjelaskan, saat itu Prabowo hanya menegur pihak yang tertawa tersebut. Sebab, para penonton tersebut seakan menertawakan lemahnya pertahanan Indonesia yang tengah dipaparkan Prabowo.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi, Arsul Sani, membenarkan saat marah Prabowo saat itu melihat ke arah kubu 01.

 Namun, Arsul Sani menegaskan para elite TKN tidak ada yang menertawakan Prabowo, apalagi ketawa lepas. Suara tawa itu disebut berasal dari barisan belakang kubu Jokowi yang diisi para penonton umum.

"Yang paling depan elite TKN tapi yang tertawa kan bukan kita, bukan elite. Saya kan di barisan kedua, depan-depannya kan para ketum partai. Itu kan yang di belakang itu yang ketawa lepas," ucap Arsul Sani saat dihubungi terpisah.

Tertawakan Prabowo

Politisi PDIP, Charles Honoris megatakan tawa yang menggema saat Prabowo menjelaskan kondisi pertahanan Indonesia bukan menertawakan kondisi pertahanan Indonesia.

"Kalau Prabowo marah-marah ke penonton karena mereka dianggap menertawakan pertahanan negara yang rapuh, penonton sebenarnya sedang menertawakan kesalahan data Prabowo," ujarnya.

Charles mengatakan tawa itu keluar lantaran sebagai mantan militer, Prabowo dinilai tak paham soal kekuatan TNI saat ini.

"Penonton menertawai Prabowo karena, meski yang bersangkutan mantan militer, ternyata tidak mengetahui dengan benar kekuatan TNI saat ini. Oleh karena itu, tidak salah jika Jokowi mengatakan 'Pak Prabowo tidak percaya pada TNI kita'. Prabowo yang mantan TNI justru tidak percaya TNI kuat, karena dia mendapatkan data yang salah," tuturnya.

Anggota DPR itu mengungkapkan, menurut data indeks kekuatan militer yang dirilis Global Firepower (GFP) 2019, kekuatan TNI justru berada di urutan pertama untuk level Asia Tenggara. TNI juga masuk dalam urutan ke-15 untuk dunia.

Sumber : Detik.com

Kolom 5 hours ago

Spekulasi