Jogja
Selasa, 16 April 2024 - 22:26 WIB

PDIP Segera Buka Pendaftaran Calon Bupati Sleman untuk Pilkada 2024

Redaksi Solopos.com  /  Abdul Jalil  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Solopos.com, SLEMAN — DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sleman bakal membuka pendaftaran penjaringan bakal calon bupati Sleman untuk Pilkada 2024. Rencananya pendaftaran bakal dibuka pada pekan depan.

Dari kader PDIP, nama Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa telah dipanggil secara internal oleh partai. Sementara dari luar partai, nama mantan Sekda Sleman, Harda Kiswaya juga telah bersurat secara resmi agar dapat diusung dari partai berlogo banteng ini.

Advertisement

Ketua DPC PDIP Sleman, Koeswanto, mengatakan partai telah memanggil Danang Maharsa secara internal untuk menanyakan beberapa hal terkait Pilkada mendatang. Salah satu isi agenda pemanggilan tersebut yakni ingin mengetahui apakah Danang ingin maju menuju kursi Sleman 1 (bupati) atau maju di kursi Sleman 2 (wakil bupati).

“Kalau instruksi partai kan kita dorong kader, terutama internal itu kan Danang. Sudah kita panggil, mau milih Sleman 1 atau Sleman 2, karena diprioritaskan bagi kader,” ungkapnya pada Selasa (16/4/2024).

Advertisement

“Kalau instruksi partai kan kita dorong kader, terutama internal itu kan Danang. Sudah kita panggil, mau milih Sleman 1 atau Sleman 2, karena diprioritaskan bagi kader,” ungkapnya pada Selasa (16/4/2024).

Namun dalam pemanggilan tersebut, belum ada jawaban pasti dari Danang Maharsa. Wakil Bupati Sleman yang saat ini masih menjabat tersebut masih membutuhkan waktu untuk musyawarah dengan keluarga terkait Pilkada 2024.

“Kemarin Pak Danang sudah kami undang, tapi baru mau rembugan keluarga. Kami juga menunggu,” tandasnya.

Advertisement

“Harda kan bagus juga karena secara resmi dia juga sudah mengirim surat resmi. Bilangnya memohon untuk maju lewat PDI, mengirim surat secara resmi sudah kami terima. Tembusannya sudah sampai DPD,” lanjutnya.

Entah antara Danang atau Harda yang bakal diusung, Koeswanto menegaskan bila tugas DPC PDIP Sleman sifatnya hanya menjaring bakal calon. Ihwal siapa yang nanti akan dipilih, sepenuhnya akan menjadi keputusan DPP PDIP.

“Penentu itu kan DPP. Kalau kita menjaring, nanti kita kirim ke DPP, semua yang kami jaring, siapapun yang masuk di situ kami kirim semua,” tegasnya.

Advertisement

Nama-nama yang terjaring akan diserahkan ke DPP lewat DPD PDIP DIY. Bakal calon yang ingin maju lewat PDIP dipersilakan untuk mendaftar sesuai jalur yang ada. Koeswanto pun membuka peluang bila ada bakal calon dari golongan muda yang ingin maju lewat PDIP Sleman.

“Ya kalau memang nanti ada calon muda yang potensial, kenapa salahnya kita tidak menerima. Kita harus menerima itu,” lanjut Koeswanto.

Di sisi lain, salah satu aspek yang mungkin bakal menjadi penilaian adalah elektabilitas bakal calon yang terjaring, semisal elektabilitas antara Danang dan Harda.

Advertisement

“Tergantung nanti penilaian DPP itu seperti apa, elektabilitasnya sesuai survei seperti apa antara Harda dan Danang, nanti itu urusan DPP,” jelasnya.

“Kalau internal kita tinggal nanting kader, siap atau tidak, baik itu finansial, pendanaan maupun sistem strateginya seperti apa, itu harus dituangkan dalam tertulis,” imbuhnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul PDIP Segera Buka Penjaringan Bakal Calon Bupati, Nama Danang Maharsa dan Harda Kiswaya Muncul

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif