Sejarah Hari Ini: 30 Maret 1981, Ronald Reagan Ditembak

Situasi saat Ronald Reagan ditembak di Washington D.C. 1981. (U.S. National Archives and Records Administration/Wikimedia Commons)
30 Maret 2019 00:20 WIB Rahmat Wibisono Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Presiden Amerika Serikat (AS) Ronald Reagan ditembak saat meninggalkan Hotel Washington Hilton di Washington D.C., 30 Maret 1981. Insiden itu tercatat dalam catatan sejarah dunia meskipun percobaan pembunuhan itu gagal dilaksanakan.

Penembakan yang menyebabkan sebutir peluru bersarang di dada Ronald Reagan itu hanyalah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 30 Maret dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 29 Maret:

1842
Obat bius untuk kali pertama digunakan dalam sebuah operasi. Kala itu, Crawford Long, seorang dokter di Negara Bagian Georgia, Amerika Serikat (AS), menggunakan obat bius dalam operasi pengangkatan tumor di leher pasien bernama James M. Venable. Operasi itu berhasil dan obat bius yang digunakannya dinyatakan bekerja dengan baik.

1856
Prancis, Inggris, Ottoman, Sardinia, Prussia, dan Austria menandatangani Perjanjian Paris di Paris, Prancis demi mengakhiri Perang Krimea yang berlangsung sejak 16 Oktober 1853. Dengan perjanjian itu, maka wilayah Sevastopol dan wilayah lain di selatan Krimea dikembalikan kepada Rusia dan wilayah Laut Hitam dijadikan wilayah netral.

1867
Pemerintah Amerika Serikat (AS), melalui Sekretaris Negara William H. Seward, mengakuisisi wilayah Alaska dari Kekaisaran Rusia. Sebagai gantinya, AS membayar uang senilai US$7,2 juta kepada Kekaisaran Rusia atau hanya sekitar US$4,1 per kilometer persegi. Penjualan wilayah tersebut disebabkan Kekaisaran Rusia sedang mengalami krisis ekonomi.

1885
Pasukan Rusia menyerbu pasukan Inggris di wilayah Panjdeh, Afganistan. Peristiwa itu terjadi setelah kedua negara berlomba-lomba menguasai wilayah Afganistan. Inggris kehilangan 600 tentaranya karena serangan yang dilakukan pasukan Rusia. Insiden yang kini dikenang dengan sebutan Insiden Panjdeh itu hampir membuat kedua negara tersebut berperang.

1912
Sultan Abd Al-Hafid dari Maroko menandatangani Perjanjian Fez untuk menyerahkan Maroko kepada Prancis. Perjanjian tersebut dianggap sebagai pengkhianatan oleh kaum nasionalis Maroko sehingga menjadi pemicu meletusnya Perang Rif.

1940
Jepang menyatakan Nanking sebagai ibu kota pemerintahan negara boneka Republik Tiongkok-Nanjing. Republik Tiongkok-Nanjing adalah negara boneka bentukan Jepan yang berdiri hingga 10 Agustus 1945.

1944
Pasukan Sekutu membombardir Kota Sofia di Bulgaria. Serangan itu termasuk yang terbesar yang pernah dilancarkan pasukan Sekutu.

1945
Uni Soviet berhasil merebut Kota Wina di Austria dari pasukan Jerman. Selain itu, Uni Soviet juga membebaskan Kota Danzig di Polandia dari cengkeraman Jerman.

1972
Serangan Paskah dimulai setelah pasukan Vietnam Utara menyeberang ke zona demiliterisasi di Vietnam Selatan untuk melakukan sebuah serangan. Serangan itu kini dikenang dengan sebutan Serangan Paskah karena bertepatan dengan Hari Paskah.

1981
Hanya 69 hari setelah menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat (AS), Ronald Reagan ditembak oleh seorang bernama John Hinckley Junior ketika meninggalkan Hotel Washington Hilton di Washington D.C. Beruntung, Reagan berhasil selamat meskipun peluru sempat bersarang di dadanya. John Hinckley Junior yang berupaya membunuh Reagan adalah anak dari seorang pengusaha minyak di AS. Ia bebas dari jerat hukum karena dinyatakan mengalami gangguan jiwa.

Suasana pemakaman Chrisye. (Antara-Andika Wahyu)

2007
Christian Rahadi alias Chrisye meninggal dunia pada usia 57 tahun di Jakarta. Chrisye meninggal dunia setelah bertahun-tahun mengidap kanker paru-paru. Semasa hidupnya, Chrisye merupakan penyanyi yang telah menorehkan 20 album studio.

2013
Pemerintah Korea Utara (Korut) mengumumkan akan segera memasuki masa perang melawan Korea Selatan (Korsel). Ketegangan Korut dan Korsel itu menyusul uji coba nuklir yang dilakukan Korut.

Kolom 14 hours ago

Spekulasi