Jokowi Sebut Prabowo Tak Percaya TNI, Ini Tanggapan Capres 02

Joko Widodo dan Prabowo Subianto bersalaman disaksikan Ketua KPU Arief Budiman (tengah) saat debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2 - 2019). (Antara/Akbar Nugroho Gumay)
30 Maret 2019 21:59 WIB Rini Yustiningsih Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA – Debat Pilpres 2019 diikuti capres no urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan capres no urut 02 Prabowo Subianto. Debat digelar di Hotel Shangri-La Jakarta, Sabtu (30/3/2019) malam.

Dalam debat, Prabowo mengatakan agar Jokowi mengecek kembali masukan-masukan yang diterima Jokowi terkait kondisi TNI. Prabowo menilai laporan yang diterima Jokowi soal TNI tidak sesuai kenyataan.

Prabowo mengatakan di TNI ada budaya asal bapap senang alias ABS. “Iya Pak...baik Pak, ada budaya ABS di TNI,” ujar Prabowo.

Menanggapi hal ini, Jokowi  menilai Prabowo tidak percaya dengan TNI. Tidak percaya dengan kekuatan dan pembangunan TNI.

“Saya lihat Pak Prabowo tidak percaya TNI. Saya yang sipil sangat percaya TNI., Satya percaya dengan kekuatan pertahanan TNI,” jawab Jokowi.

Tak tinggal diam, Prabowo membalas pernyataan Jokowi tersebut. Menurutnya, dia TNI lebih dari banyak anggota TNI lainnya.

“Bukannya saya tidak percaya TNI pak. Diplomasi kalau hanya senyam senyum menjadi nice guy ya begitu-begitu saja. Bukannya saya tidak percaya, saya lebih TNI dari banyak TNI. Saya tahu bagaimana kekuatan TNI sekarang. Saya tahu jarak-jarak peluru kendali, saya berpendapat kekuatan TNI kita lemah. Kalian kok tertawa, persoaalan keamanan Indonesia rapuk kok kalian tertawa,” tukas Prabowo.

Kolom 5 hours ago

Spekulasi