Lifestyle
Rabu, 8 Mei 2024 - 10:21 WIB

Mengenal Apa Itu Hari Kenaikan Isa Almasih, Peristiwa Suci Bagi Umat Nasrani

Redaksi Solopos.com  /  Nugroho Meidinata  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kristen. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Sebentar lagi, umat nasrani akan merayakan Hari Kenaikan Isa Almasih, kira-kira apa sih itu?

Hari sakral nan suci bagi umat nasrani ini juga dikenal dengan kenaikan Yesus Kristus ke surga. Peringatan ini menjadi momen bagi umat nasrani untuk merajut kebersamaan, kerukunan, serta saling menghargai dalam perbedaan. Di Indonesia, Hari Kenaikan Isa Almasih juga menjadi hari libur nasional.

Advertisement

Pada setiap tahunnya, Hari Kenaikan Isa Almasih ini diperingati Kamis setiap tahunnya. Hari Kamis yang dipilih untuk perayaan Kenaikan Isa Almasih yaitu Hari Kamis ke-40 hari setelah Hari Raya Paskah.

Lalu, apa sih itu Hari Kenaikan Isa Almasih?

Mengutip informasi dari jurnal penelitian berjudul Kebangkitan – Kenaikan Yesus dan Isra’ – Mi’raj Muhammad: Kajian Perbandingan karya Santosa Irfaan, Hari Kenaikan Isa Almasih merupakan peristiwa terangkat Yesus Kristus pada hari ke-40 setelah Paskah. Yesus Kristus diangkat setelah memperlihatkan diri di puncak zaitun dan sebagai akhir perjalan hidupnya.

Advertisement

Kenaikan Yesus Kristus secara ke surga menandai dialah orang Nazaret pertama yang masuk ke surga dan sebagai mata rantai yang menghubungkan pekerjaan di Bumi dan di surga. Dijelaskan dalam jurnal tersebut, secara teologis kenaikan ini sebagai langkah kedua dalam pemuliaan Yesus Kristus, yang dimulai saat kebangkitannya.

Kenaikan Isa Almasih merupakan hari penting umat nasrani untuk memperingati terangkatnya Yesus Kristus ke surga setelah 40 hari kebangkitannya. Yesus Kristus pada saat itu menampakkan diri kepada ke sebelas rasulnya sebelum akhirnya naik. Ia muncul untuk memberi sebuah pesan agar menyebarkan kabar gembira ke penjuru negeri.

Setelah mengetahui apa itu Hari Kenaikan Isa Almasih, hari suci bagi umat nasrani ini memiliki dua tujuan baik, yakni pengharapan dan kasih.

Advertisement

Pengharapan yang dimaksud adalah Tuhan sungguh hadir, hidup dan bertahta di surga. Artinya, Tuhan menanti umat manusia untuk bangkit bersama-Nya. Sementara arti kasih dimaknai sebagai pesan yang selalu diulang Kristus untuk disebarkan sebagai kabar gembira.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif