Sejarah Hari Ini: 29 Maret 1973, AS Tinggalkan Vietnam

Aksi pasukan AS kala masih terlibat Perang Vietnam, 1968. (Wikimedia.org)
29 Maret 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pasukan Amerika Serikat (AS) meninggalkan Vietnam Selatan, tepat pada 29 Maret 1973. Hal itu sekaligus mengakhiri keterlibatan AS dalam Perang Vietnam.

Perginya pasukan AS dari Vietnam itu merupakan salah satu peristiwa pada 29 Maret yang layak dikenang. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 29 Maret:

1430
Pasukan Kekaisaran Ottoman di bawah pimpinan Murad II berhasil merebut Kota Tesalonika dari Republik Venesia. Kini, Kota Tesalonika menjadi bagian dari Yunani dan menjadi kota terbesar kedua di Yunani.

1632
Inggris dan Prancis menandatangani Perjanjian Saint-Germain yang mengharuskan Inggris mengembalikan wilayah Quebec kepada Prancis. Sebelumnya, Inggris telah menguasai Quebec sejak 1629.

1849
Inggris berhasil mengambil alih kekuasaan di wilayah Punjab—kini menjadi bagian dari India—dari Kekaisaran Sikh. Sebelumnya, wilayah tersebut telah dikuasai Kekaisaran Sikh sejak 1801.

1847
Dalam Perang Amerika Serikat (AS)-Meksiko, pasukan AS yang dipimpin Jenderal Winfield Scott berhasil mengambil alih Kota Veracruz di Meksiko. Sebelumnya, pasukan AS yang dipimpin Jenderal Winfield Scott telah mengepung kota tersebut selama beberapa hari.

Mangal Pandey. (Indiatoday.com)
1857
Pasukan militer India pimpinan Mangal Pandey yang dikontrol pemerintah Inggris memberontak dan menolak perintah dari Pemerintah Inggris. Atas pemberontakan tersebut, Mangal Pandey dijatuhi hukuman mati.

1879
Pasukan Inggris yang mendirikan perkemahan di wilayah Kambula, Afrika Selatan diserang pasukan Kerajaan Zulu. Inggris berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Zulu yang berjumlah 20.000 orang. Pertempuran itu disebut sebagai Pertempuran Kambula dan merupakan salah satu pertempuran yang terjadi selama Perang Inggris-Zulu. Perang tersebut juga menjadi tanda dimulainya kekuasaan Inggris di Afrika Selatan.

1942
Pasukan Angkatan Udara Inggris membombardir Kota Lubeck di Jerman. Peristiwa itu merupakan serangan besar pertama Inggris ke Jerman yang terhitung berhasil selama Perang Dunia II.

Rui Manuel Cesar Costa (mengangkat tangan). (Acmilan.com)
1972
Rui Manuel Cesar Costa lahir di Amadora, Portugal. Ia kemudian dikenal sebagai Rui Costa, pemain sepak bola yang pernah bermain di dua klub besar asal Italia, Fiorentina dan AC Milan.

1973
Pasukan Amerika Serikat (AS) meninggalkan Vietnam Selatan dan mengakhiri keterlibatan AS dalam Perang Vietnam. Meski demikian, Perang Vietnam baru berakhir pada 1975.

2010
Dua wanita melakukan serangan bom bunuh diri di dua stasiun metro berbeda di Moskow, Rusia. Pihak berwenang mengaitkan serangan tersebut dengan kelompok separatis Chechnya. Serangan tersebut menewaskan 40 orang dan melukai 100 lainnya.