Sejarah Hari Ini: 28 Maret 1830, Diponegoro Ditangkap Belanda

Pangeran Diponegoro. (Wikimedia.org)
28 Maret 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pada 28 Maret 1830, Pangeran Diponegoro menyatakan bersedia menyerahkan diri kepada pasukan Belanda. Hal itu ia lakukan agar anggota laskarnya dibebaskan.

Menyerahnya Pangeran Diponegoro itu merupakan satu dari sekian banyak peristiwa pada 28 Maret yang layak dikenang. Demi mengenangnya, berikut Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang terjadi pada 28 Maret yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 28 Maret:

Patung Didius Julianus di Museum Residenz, Munchen, Jerman. (Wikimedia.org)
193
Kaisar Romawi, Pertinax, dibunuh para penjaga istana yang lantas menjual takhtanya kepada Didius Julianus. Didius Julianus kemudian hanya memimpin Kekaisaran Romawi selama enam pekan sebelum akhirnya kekuasaannya kembali digulingkan Septimius Severus. Bukan hanya itu, saat Septimius Severus naik takhta menjadi kaisar, Didius Julianus dijatuhi hukuman mati.

1830
Di masa Perang Diponegoro, Pangeran Diponegoro menyerahkan diri lalu ditangkap pasukan Belanda dengan janji sisa anggota laskarnya dibebaskan. Pangeran Diponegoro kemudian diasingkan ke Manado dan lantas dipindahkan ke Makassar hingga wafatnya di Benteng Rotterdam pada 8 Januari 1855.

1854
Inggris dan Prancis mendeklarasikan perang melawan Kekaisaran Rusia dalam Perang Krimea untuk membantu Kekaisaran Ottoman. Dalam perang tersebut, Kekaisaran Rusia yang dibantu Bulgaria pada akhirnya menelan kekalahan.

1930
Dua kota terbesar di Turki, Konstantinopel dan Angora, diubah namanya. Konstantinopel berubah menjadi Istanbul, sedangkan Angora berganti nama menjadi Ankara.

1941
Armada Angkatan Laut Inggris menenggelamkan tiga kapal penjelajah dan dua kapal tempur milik Italia di Laut Tengah. Peristiwa itu merupakan salah satu kerugian besar bagi Italia semasa Perang Dunia II.

1951
Pasukan Prancis pimpinan Jean de Lattre de Tassigny berhasil mengalahkan pasukan Vietnam Utara yang dipimpin Vo Nguyen Giap dalam Pertempuran Mao Khe. Pertempuran Mao Khe adalah salah satu pertempuran dalam Perang Indochina I.

1963
Saat Perang Dingin yang melibatkan Uni Soviet dan Amerika Serikat (AS) berlangsung, seorang wanita asal AS menikah dengan pria berkebangsaan Rusia di Moskow, Rusia. Pernikahan ini dikecam pihak pemerintah Uni Soviet mengingat kedua negara tersebut sedang bersitegang.

1968
Seorang siswa sekolah menengah atas di Rio de Janeiro, Brazil, Edson Luis de Lima Souto, tewas tertembak polisi militer setempat. Penembakan itu disebabkan Edson Luis dan sejumlah siswa lainnya melakukan aksi protes meminta restoran setempat menyediakan makanan murah bagi siswa dari keluarga miskin. Edson Luis dan siswa lainnya juga merusak sebuah restoran dengan melempari batu.

Dwight D. Eisenhower. (History.com)
1969
Presiden ke-34 Amerika Serikat (AS) Dwight D. Eisenhower meninggal dunia karena mengalami gagal jantung pada usia 78 tahun. Eisenhower adalah presiden AS yang menjabat dari 1953 hingga 1961.

1990
Lithuania yang belum lama memisahkan diri dari Uni Soviet membuat tembok perbatasan demi menghindari konflik bersenjata dengan Uni Soviet. Selain itu, masyarakat Lithuania diminta untuk menghentikan produksi senjata untuk Uni Soviet.

Kolom 11 hours ago

Bahaya Lethong