Buntut Ditembak Tiffani Jadi Istri Kedua, Sandiaga Dilaporkan ke Bawaslu

Vincentia Tiffani dalam video klarifikasi di akun Instagram vincentiatiffani.
28 Maret 2019 22:40 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Pernyataan mahasiswi bernama Vincentia Tiffani yang ingin menjadi istri kedua Sandiaga Uno dalam seminar OK OCE di Sleman pekan lalu ternyata menjadi masalah serius. Meski akhirnya diakui sebagai candaan, rupanya hal itu berbuntut pelaporan terhadap Sandiaga Uno ke Bawaslu.

Cawapres nomor urut 2 Sandiaga Uno itu dilaporkan ke Bawaslu lantaran pengakuan Tiffani bahwa pertanyaannya saat itu karena dirinya disuruh oleh panitia. Berdasarkan pengakuan tersebut, Sandiaga dilaporkan ke Bawaslu dengan tudingan melakukan kebohongan alias hoaks saat berkampanye.

Sekjen Garda Nasional untuk Rakyat (GNR) Ucok Choir selaku pelapor mengatakan pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto–Sandiaga Uno. Karena itu dia juga melaporkan tim sukses paslon tersebut.

"Keduanya, Sandiaga dan BPN, Bawaslu harus segera menyelidiki pada subyek yang melakukan pengakuan, saudari Tiffani dan panitia khususnya," kata Ucok di Kantor Bawaslu, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2019), dilansir Suara.com.

Dalam laporannya, Ucok mengungkapkan telah menyerahkan sejumlah barang bukti untuk memperkuat laporannya itu. Barang bukti yang telah diserahkan adalah video klarifikasi Tiffani yang diunggah di media sosial Instagram dan beberapa artikel di media daring terkait kasus tersebut.

Atas laporannya itu, Ucok meminta Bawaslu bisa bersikap tegas untuk menegur Sandiaga dan BPN agar menghentikan hoaks. Terlebih, menurutnya kekinian semakin mendekati masa pemungutan suara.

"Kami meminta Bawaslu, tegas menegur baik paslon maupun tim kampanyenya, BPN 02 untuk segera menghentikan kampanye settingan hoaks. Karena ini sudah kampanye terbuka. Lebih baik berkampanye dengan program-program agar masyarakat dan rakyat tahu apa yang menjadi visi misi paslon," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan Solopos.com, beredar video klarifikasi dari yang muncul di akun @vincentiatiffani, Selasa (26/3/2019). Dalam video itu, Tiffani menceritakan latar belakang kehadirannya dalam forum peresmian Rumah Siap Kerja yang merupakan program Sandiaga Uno. Dia mengaku kedatangannya adalah sebagai model produk kecantikan sebuah UMKM yang didukung Sandi.

"Saya diundang sebagai model karena saya juga bekerja sebagai model. Saya diundang untuk model bulu mata, dan saya diminta tolong sebagai perwakilan milenial untuk bertanya kepada Pak Sandi Uno. Saya mengikuti rangkaian seminar, dan panitia minta saya untuk menghidupkan acara tersebut," kata Tiffani di video itu.

Menurutnya, panitia memintanya untuk mencairkan suasana seminar pelatihan OK OCE tersebut. Tiffani mengaku pertanyaan soal apakah dia bisa jadi istri kedua Sandi itu bukan dari dirinya. Namun dia menegaskan pertanyaan itu hanya sebatas bercanda.

"Saya dimintai tolong panitia untuk menanyakan bagaimana kalau saya jadi istri kedua Bapak Sandi Uno. Kesannya seperti beneran ya, tapi sebenarnya saya bercanda. Dan setelah saya bertanya itupun, suasana seminar itu jadi lucu-lucuan dan lebih hidup. Tapi media menangkapnya itu adalah hal serius gitu," katanya.

"Pertanyaan itu juga bukan dari saya, meskipun saya juga kagum pada Pak Sandi Uno karena memiliki wajah tampan dan berwibawa."