Sejarah Hari Ini: 26 Maret 1979, Mesir Akui Kedaulatan Israel

Presiden Mesir Anwar Sadat (kiri), Perdana Menteri Israel Menachem Begin (kanan), dan Presiden AS Jimmy Carter (tengah) dalam perjanjian damai di Gedung Putih, Washington, D.C., AS, 26 Maret 1979. (Wikimedia.org)
26 Maret 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Presiden Mesir Anwar Sadat dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin menandatangani perjanjian damai yang mengakhiri perang antara kedua negara tersebut selama 30 tahun, tepat pada 26 Maret 1979. Israel bersedia menarik pasukannya dari Semenanjung Sinai dan Mesir bersedia mengakui Israel sebagai negara berdaulat.

Pengakuan Mesir atas kedaulatan Israel itu merupakan salah satu peristiwa pada 26 Maret yang layak dikenang. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 26 Maret:

1344
Pasukan Kerajaan Kastilia yang dibantu beberapa kerajaan lainnya berhasil merebut wialayah Algeciras di Andalusia dari Kesultanan Maroko. Keberhasilan itu diraih setelah pasukan Kerajaan Kastilia mengepung wilayah tersebut selama lebih dari dua tahun.

Sosok Ludwig van Beethoven. (Wikimedia.org)
1827
Ludwig van Beethoven meninggal dunia di Wina, Kekaisaran Austria pada usia 58 tahun. Semasa hidunya, Beethoven dikenal sebagai komponis sekaligus pianis ternama yang telah melahirkan karya-karya luar biasa. Pada 1817, Beethoven menderita tuli dan tak bisa tampil dalam konser. Meski demikian, Beethoven terus berkarya hingga akhir hayatnya.

1917
Pertempuran di Gaza, Palestina untuk kali pertama meletus melibatkan pasukan kekaisaran Ottoman dan pasukan Inggris. Pasukan Inggris yang mencoba menduduki Gaza diserang 17.000 tentara kekaisaran Ottoman. Dalam pertempuran ini, pasukan Ottoman berhasil menjadi pemenangnya.

1945
Pertempuran Iwo Jima antara Amerika Serikat (AS) dan Jepang di Pulau Iwo Jima di Samudera Pasifik resmi berakhir. Pihak AS menyatakan Pulau Iwo Jima telah aman setelah diserang tiba-tiba oleh pasukan Jepang saat AS sudah berhasil menduduki pulau tersebut.

1979
Presiden Mesir Anwar Sadat dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin menandatangani perjanjian damai yang mengakhiri perang antara kedua negara tersebut selama 30 tahun. Dalam perjanjian yang ditadatangani di Gedung Putih, Washington, D.C., Amerika Serikat (AS) itu, Israel bersedia menarik pasukannya dari Semenanjung Sinai. Sebagai imbalan kepada Israel, Mesir bersedia mengakui Israel sebagai negara berdaulat.

1971
Pakistan Timur mendeklarasikan kemerdekaannya dan melepaskan diri dari Pakistan. Kini, negara ini dikenal dengan nama Bangladesh. Deklarasi itu sekaligus menjadi awal meletusnya Pertempuran Kemerdekaan Bangladesh.

1991
Argentina, Brasil, Uruguay dan Paraguay menandatangani Perjanjian Asuncion untuk mendirikan organisasi bernama Mercosur. Mercsour didirikan untuk membuka perdagangan bebas antara negara-negara tersebut.

Sosok Ludwig van Beethoven. (Reuters)
1992
Petinju kelas berat Mike Tyson dijatuhi hukuman enam tahun kurungan penjara setelah dituduh melakukan pemerkosaan. Namun hanya dalam waktu tiga tahun, Tyson sudah dapat menghirup udara segar di luar penjara alias dibebaskan.

2002
Gempa bumi dahsyat mengguncang kawasan utara Afganistan. Sebanyak 1.800 orang tewas dan sedikitnya 10.000 orang kehilangan tempat tinggal mereka.

2014
Pemerintah Korea Utara menetapkan peraturan yang mewajibkan seluruh pelajar pria di negara tersebut untuk memiliki gaya rambut seperti Kim Jong Un, pemimpin negara tersebut. Para pelajar pria juga dilarang memiliki gaya rambut lainnya.

Kolom 12 hours ago

MGMP Reborn