Sejarah Hari Ini: 24 Maret 1958, Elvis Presley Jadi Tentara

Elvis Presley saat bertugas sebagai anggota Angkatan Darat AS di Jerman. (Wikimedia.org)
24 Maret 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Penyanyi rock n roll Elvis Presley dilantik menjadi anggota Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) di Fort Chaffee, Arkansas, 24 Maret 1948. Ia telah menyelesaikan pelatihan dasar militer di Fort Hood, Texas. Elvis lantas ditugaskan di Friedberg, Jerman.

Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi pada 24 Maret setiap tahunnya. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com menyajikan sejumlah peristiwa bersejarah pada 24 Maret yang dirangkum dalam Sejarah Hari Ini:

Erik Weisz alias Harry Houdini. (Mentalfloss.com)
1874
Erik Weisz lahir di Budapest, Hungaria. Ia kemudian dikenal sebagai seniman sulap terkemuka dengan nama Harry Houdini. Houdini meninggal dunia pada 31 Oktober 1926 akibat peritonitis atau peradangan pada selaput rongga perut.

1944
Tentara Jerman mengeksekusi mati 335 orang di dekat Roma Italia. Para korban salah satu pembantaian yang dilakukan Jerman di masa Perang Dunia II itu terdiri atas tahanan politik, orang Yahudi, dan warga sipil lainnya.

1948
Presiden Amerika Serikat (AS) Harry S. Truman menggelontorkan bantuan senilai US$16 juta kepada para pengungsi Palestina yang kelaparan. Kelaparan para pengungsi itu adalah buntut dari Perang Kemerdekaan Israel.

1953
Permaisuri Inggris, Mary, Istri Raja George V meninggal dunia. Mary memiliki nama asli Victoria Mary Augusta Louise Olga Pauline Claudine Agnes.

1958
Penyanyi rock n roll Elvis Presley dilantik menjadi anggota Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) di Fort Chaffee, Arkansas. Ia telah menyelesaikan pelatihan dasar militer di Fort Hood, Texas. Elvis lantas ditugaskan di Friedberg, Jerman.

Para personel Pink Floyd. (Rollingstone.com)
1973
Band asal Inggris, Pink Floyd, meluncurkan album bertajuk Dark Side of the Moon yang mereka rekam di studio terkenal yang pernah digunakan The Beatles, Abbey Road Studios, di London, Inggris. Album tersebut berhasil terjual sebanyak 40 juta kopi.

1989
Kapal Tanker milik perusahaan perminyakan asal Amerika Serikat (AS), Exxon Mobil, menabrak karang di perairan Prince William Sound, Alaska. Akibatnya, 11 juta galon minyak tumpah di perairan tersebut. Peristiwa itu menjadi salah satu bencana lingkungan terbesar di laut. Para ahli biologi menemukan hampir 250.000 burung laut, 3.000 berang-berang laut, 300 anjing laut, 250 elang dan hingga 22 paus pembunuh tewas akibat tumpahan minyak.

2008
Sebuah bom di tepi jalan di Irak meledak dan menewaskan empat tentara Amerika Serikat (AS). Dengan begitu, jumlah korban tentara AS menjadi 4.000 orang sejak melakukan Invasi ke Irak pada 2003.

2008
Kementerian Telekomunikasi Pakistan memblokir akses warga Pakistan ke Youtube. Beredarnya video kartun yang menggambarkan Nabi Muhammad dan dianggap melecehkan umat Islam di situs berbagi video tersebut menjadi alasan utama pemblokiran.

2010
Lebih dari 100 orang yang diduga terlibat jaringan Al-Qaeda diringkus pihak berwenang di Arab Saudi. Pihak berwenang setempat menyatakan orang-orang tersebut telah merencanakan suatu serangan di suatu tempat di Arab Saudi.