Ini Daftar Orang Terkaya Jadi Pendukung Jokowi dan Prabowo

Jokowi dan Prabowo. (Antara)
22 Maret 2019 10:40 WIB Danang Nur Ihsan Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA — Dua calon presiden (cawapres), Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto, sama-sama mendapatkan dukungan dari pengusaha, Kamis (21/3/2019).

Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin mendapatkan dukungan dalam deklarasi 10.000 Pengusaha untuk Jokowi-Amin yang diadakan di Istora Senayan, Jakarta. Sementara itu, pasangan Prabowo-Sandiaga mendapatkan dukungan dalam deklarasi Aliansi Pengusaha Nasional untuk Indonesia Menang di Djakarta Theater XXI, Jakarta.

Sejumlah pengusaha yang masuk dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia yang dirilis pada Juni 2018 lalu diketahui mendukung Jokowi dan Prabowo. Ada nama Hary Tanoesoedibjo, Rosan P. Roeslani, hingga Sofjan Wanandi, yang masuk dalam barisan pengusaha pendukung Jokowi-Ma’ruf. Sedangkan di Prabowo-Sandi ada sejumlah nama pengusaha seperti Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto, Hashim Djojohadikusumo, hingga Erwin Aksa Mahmud.

Berikut daftar pengusaha yang masuk dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia 2018 yang mendukung Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi sebagaimana dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Kamis (21/3/2019).

Pengusaha Dukung Jokowi-Ma’ruf

Hary Tanoesoedibjo
Ketua Umum Partai Perindo ini merupakan pemilik MNC Group. Total kekayaannya mencapai US$1,8 miliar atau Rp25,3 triliun (urutan ke-19 orang terkaya di Indonesia).

Jusuf Kalla
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 ini memiliki usaha di bawah bendera Kalla Group. Globe Asia mencatat kekayaan JK dan keluarga mencapai US$900 juta atau Rp12,6 triliun (urutan ke-54 orang terkaya di Indonesia)

Sofjan Wanandi
Mantan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ini kini menjadi Ketua Tim Wapres Jusuf Kalla. Mantan aktivis 1966 ini dalam Pilpres 2014 sudah mendukung Jokowi-JK. Sofjan yang mendirikan Gemala Group (kini Santini Group) menurut Globe Asia memiliki harta US$610 juta atau Rp8,6 triliun (urutan ke-73 orang terkaya di Indonesia).

Surya Paloh
Ketua Umum Partai Nasdem ini memiliki usaha media massa di bawah bendera Media Group. Paloh disebut memiliki harta US$575 juta atau Rp8,1 triliun (urutan ke-77 orang terkaya di Indonesia).

Rosan P. Roeslani
Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) ini merupakan sahabat Sandiaga Uno. Mereka mendirikan perusahaan Recapital. Rosan masuk dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf dengan menjadi wakil ketua. Rosan berada di urutan ke-88 orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia dengan harta US$460 juta (Rp6,4 triliun).

Hariyadi B. Sukamdani
Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ini menjadi Koordinator Pengusaha Pekerja Pro Jokowi (Kerjo). Hariyadi merupakan putra dari pengusaha nasional almarhum Prof. Sukamdani Sahid Gitosardjono yang memiliki jaringan Hotel Sahid. Globe Asia mencatat kekayaan Sukamdani dan keluarga mencapai US$450 juta atau Rp6,3 triliun (urutan ke-90 orang terkaya di Indonesia).

Oesman Sapta Odang
Ketua Umum Partai Hanura sekaligus Ketua DPD ini memiliki perusahaan di bawah bendera OSO Group. Hartanya disebut mencapai US$355 juta atau sekitar Rp5 triliun.

Pengusaha Dukung Prabowo-Sandi

Erwin Aksa
Keponakan Wapres Jusuf Kalla ini menjadi Komisaris Utama Bosowa Corp. Erwin kini menjadi Wakil Ketua Kadin. Erwin merupakan putra Aksa Mahmud. Namun, JK menyebut Aksa tetap mendukung Jokowi pada 2019. Aksa merupakan orang terkaya ke-18 di Indonesia versi Globe Asia dengan harta US$1,8 miliar atau Rp25,3 triliun.

Hashim Djojohadikusumo
Adik Prabowo Subianto ini membesarkan perusahaan Arsari Group. Hashim yang juga menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini disebutkan Globe Asia memiliki harta US$915 juta atau Rp12,9 triliun (urutan ke-51 orang terkaya di Indonesia).

Hutomo Mandala Putra
Ketua Umum Partai Berkarya ini merupakan putra Presiden kedua Soeharto. Laki-laki yang biasa disapa Tommy Soeharto ini terus mengembangkan usaha di bawah bendera Humpuss. Globe Asia mencatat hartanya US$670 juta atau Rp9,4 triliun (urutan ke-60 orang terkaya di Indonesia).

Sandiaga Uno
Cawapres Sandiaga Uno yang merupakan pengusaha sukses ini memiliki Saratoga & Recapital. Dia disebut orang terkaya ke-85 di Indonesia dengan kekayaan US$300 juta atau Rp4,2 triliun.

Siti Hardijanti Rukmana
Putri Presiden kedua Soeharto ini merupakan juru kampanye Partai Berkarya. Perempuan yang akrab disapa Mbak Tutut ini merupakan pemilik perusahaan Cipta Lamtoro Gung Persada. Harta yang dimiliki US$205 juta atau Rp2,8 triliun (urutan ke-130 orang terkaya di Indonesia).

Kolom 14 hours ago

MGMP Reborn