Sejarah Hari Ini: 21 Maret 1871, Otto von Bismarck Pimpin Jerman

Otto von Bismarck. (Wikimedia.org)
21 Maret 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Otto von Bismarck dinobatkan sebagai kanselir pertama di Kekaisaran Jerman, 21 Maret 1871. Ia dianggap sebagai orang yang mampu mempertahankan hegemoni Jerman di Eropa yang pada saat itu sedang dilanda perselisihan dan ketakutan akan perang.

Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi pada 21 Maret setiap tahunnya. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com menyajikan sejumlah peristiwa bersejarah pada 21 Maret yang dirangkum dalam Sejarah Hari Ini:

1804
Undang-undang Napoleon mulai diberlakukan di Prancis. Undang-undang itu merupakan undang-undang sipil yang disusun pada masa kekuasaan Napoleon Bonaparte di Prancis. Meski Undang-undang Napoleon bukanlah undang-undang sipil resmi pertama yang disusun di negara Eropa, namun dianggap sebagai undang-undang sipil pertama yang berhasil dan sangat memengaruhi perundang-undangan di banyak negara.

1871
Otto von Bismarck dinobatkan sebagai kanselir pertama di Kekaisaran Jerman. Ia dianggap sebagai orang yang mampu mempertahankan hegemoni Jerman di Eropa yang pada saat itu sedang dilanda perselisihan dan ketakutan akan perang.

1918
Di masa Perang Dunia I, pasukan Jerman mulai melakukan penyerangan terhadap Sekutu di wilayah Prancis bagian utara, Flanders bagian barat, dan Belgia. Serangan yang disebut Serangan Musim Semi itu berlangsung hingga 18 Juli di tahun yang sama dan berakhir dengan lebih banyaknya korban dari pasukan Sekutu. Meski demikian, Jerman disebut telah gagal merebut wilayah yang dimaksud dalam serangan tersebut.

Syah Reza Pahlavi. (Wikimedia.org)
1935
Pemimpin Iran Syah Reza Pahlavi meminta masyarakat di seluruh dunia tak lagi menggunakan kata Persia untuk menyebut nama negaranya. Ia meminta masyarakat di seluruh dunia mengganti Persia dengan Iran yang memiliki arti negeri bangsa Arya.

1940
Pasukan Jerman melakukan serangan balasan kepada Inggris di Selat Inggris. Akibat serangan tersebut, Inggris kehilangan tiga kapal beserta awaknya.

1945
Pasukan Sekutu memulai serangan besar-besaran ke Jerman menggunakan pesawat pengebom. Serangan sekutu itu bertujuan untuk merebut Kota Berlin dari tangan Jerman.

Ronaldo Assis de Moreira alias Ronaldinho. (Reuters-Ueslei Marcelino)
1980
Ronaldo Assis de Moreira lahir di Porto Alegre, Brasil. Ia lantas dikenal sebagai bintang sepak bola dengan nama Ronaldinho. Sepanjang kariernya, Ronaldinho pernah bermain untuk sejumlah klub besar seperti Paris Saint-German, Barcelona, dan AC Milan. Ia juga telah menerima banyak penghargaan individual, termasuk dua penghargaan Balon D'or sepanjang kariernya.

1980
Presiden Amerika Serikat (AS) Jimmy Carter menyatakan AS tak akan mengikuti Olimpiade yang digelar di Rusia. Carter beralasan ketidakikutsertaan AS dalam ajang Olimpiade tersebut sebagai bentuk protes terhadap invasi Rusia ke Afganistan.

1991
Irak membebaskan sekitar 1.150 tahanan perang asal Kuwait. Pembebasan tahanan perang itu menyusul perjanjian damai yang mengakhiri Perang Teluk.

2010
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan tak menggubris tekanan yang diberikan beberapa negara yang mengecam pembangunan permukiman orang Yahudi di Yerusalem. Ia menyatakan pembangunan tersebut terus berjalan meski banyak tekanan dari banyak pihak.