Kisah Unik: Merpati Balap Laku Rp20 Miliar

Armando, merpati balap yang dihargai Rp20 miliar. (Pipa.be)
20 Maret 2019 20:40 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, BRUSSELS — Seekor merpati balap berusia lima tahun di Belgia bernama Armando memecahkan rekor sebagai merpati balap dengan harga termahal. Merpati yang belum lama pensiun dari dunia balap itu diboyong pembeli asal China dengan harga 1,25 juta Euro atau sekitar Rp20 miliar.

Merpati tersebut terjual melalui rumah lelang merpati bernama Pigeon Paradise (Pipa), Selasa (19/3/2019). CEO Pipa, Nikolaas Gyselbrecht, menyebut merpati bernama Armando itu memiliki banyak penghargaan.

Jika di dunia sepak bola, Armando diibaratkan sebagai Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang dianggap pemain terbaik saat ini. "Jika sepak bola memiliki Messi dan Ronaldo, ini [Armando] selevel dengan mereka," ujar Gyselbrecht seperti dikutip Bleacher Report.

Kisah unik pelelangan Armando itu bisa dibilang cukup mengejutkan. Pasalnya, Nikolaas Gyselbrecht sebelumnya telah memperkirakan Armando hanya akan terjual dengan harga paling tinggi 600.000 Euro atau sekitar Rp9,7 miliar.

Di laman resmi Pipa, harga Armando jauh lebih tinggi dibanding 10 merpati balap lain yang terjual. Pesaing terdekat Armando, New Bliksem, hanya dihargai 376.000 Euro atau sekitar Rp6 miliar.

Meski karier Armando di dunia balapan merpati telah berakhir, Gyselbrecht mengatakan sang merpati itu akan mampu memberikan keturunan yang tak kalah kualitasnya. Ia diperkirakan akan mampu bereproduksi hingga berusia 10 tahun dan mampu hidup hingga 20 tahun.