Sejarah Hari Ini: 19 Maret 2003, Pasukan AS Invasi Irak

Pasukan AS di Bagdad, Irak, November 2003. (Wikimedia.org)
19 Maret 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pada 19 Maret 2003, Presiden Amerika Serikat (AS) George W. Bush mengumumkan telah mengirim pasukan militernya ke Irak. Bush beralasan mengirim pasukannya demi membebaskan Irak dari cengkeraman Saddam Hussein dan untuk mencari senjata pemusnah massal yang dikembangkan Irak.

Mulainya pasukan AS menginvasi Irak itu merupakan satu dari sekian banyak peristiwa pada 19 Maret yang layak dikenang. Demi mengenangnya, berikut Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang terjadi pada 19 Maret yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 19 Maret:

1916
Pasukan Amerika Serikat (AS) untuk kali pertama menggunakan pesawat tempur dalam sebuah pertempuran. Delapan pesawat tempur dikerahkan AS untuk melindungi 7.000 tentaranya yang menginvasi Meksiko dengan alasan mencari seorang revolusioner Meksiko bernama Pancho VIlla.

1921
Lebih dari 1.300 tentara Inggris mengepung wilayah Crossbarry, Cork, Irlandia demi mengalahkan pasukan Irish Republican Army (IRA) atau Tentara Republik Irlandia yang hanya berjumlah ratusan tentara. Persitiwa itu merupakan salah satu pertempuran terbesar dalam Perang Kemerdekaan Irlandia.

Jembatan Sydney Harbour Bridge di Sidney, Australia. (Sydney.com)
1932
Jembatan Sydney Harbour Bridge di Sidney, Australia resmi dibuka. Kala itu, Sydney Harbour Bridge menjadi jembatan terpanjang keempat di dunia dengan panjang 1.149 meter.

1944
Jerman berhasil menduduki seluruh wilayah Hungaria. Jerman menguasai Hungaria hingga 13 Februari 1945.

1945
Pasukan Jepang menyerang kapal induk milik Amerika Serikat (AS), USS Franklin, di perairan Jepang. Peristiwa itu menewaskan sekitar 800 orang di kapal tersebut.

1953
Untuk kali pertama, Academy Awards atau Piala Oscars ditayangkan di televisi dan dipandu Bob Hope. Sebelumnya, Piala Oscars hanya disiarkan melalui radio.

1962
Bob Dylan meluncurkan album pertamanya yang bertajuk sama dengan namanya, Bob Dylan. Bob Dylan kemudian dianggap sebagai salah satu musisi asal Amerika Serikat (AS) yang memiliki pengaruh besar di kancah musik dunia. Kini di usia 76 tahun, Bob Dylan masih aktif sebagai musisi.

1970
Untuk kali pertama sepanjang sejarah, para petinggi negara Jerman Timur dan Jerman Barat menggelar sebuah pertemuan. Sebelumnya, kedua negara tersebut tak pernah menggelar pertemuan sejak Jerman terpecah menjadi dua bagian pada 1949 menyusul kekalahan yang dialami pada Perang Dunia II.

Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi alias Nike Ardilla. (Wikimedia.org)
1995
Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi atau yang lebih dikenal sebagai Nike Ardilla meninggal dunia pada usia yang masih muda, 19 tahun, dalam kecelakaan mobil di Bandung, Jawa Barat (Jabar). Semasa hidupnya, Nike Ardilla dikenal luas sebagai penyanyu, aktris, sekaligus model ternama di Indonesia.

2003
Presiden Amerika Serikat (AS) George W. Bush mengumumkan telah mengirim pasukan militernya ke Irak untuk menjalankan Operation Iraqi Freedom atau Operasi Kebebasan Irak. Bush beralasan mengirim pasukannya demi membebaskan Irak dari cengkeraman Saddam Hussein. Selain itu, Bush juga beralasan invasi militer AS ke Irak itu bertujuan untuk mencari senjata pemusnah massal yang dikembangkan Irak.