Sejarah Hari Ini: 18 Maret 1940, Jerman & Italia Sepakat Perangi Inggris

Adolf Hitler (kanan) dan Benito Mussolini (kiri). (Taughtco.com)
18 Maret 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pemimpin Jerman Adolf Hitler bertemu dengan Perdana Menteri Italia Benito Mussolini di Brenner Pass, Italia, 18 Maret 1940. Dari pertemuan tersebut, Hitler dan Mussolini sepakat untuk berperang melawan Inggris dan Prancis

Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi pada 18 Maret setiap tahunnya. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com menyajikan sejumlah peristiwa bersejarah pada 18 Maret yang dirangkum dalam Sejarah Hari Ini:

Ilustrasi sosok Frederick II. (Wikimedia.org)
1229
Kaisar Romawi Frederick II mendeklarasikan diri sebagai Raja Yerusalem seusai Perang Salib VI. Ia berhasil menguasai Yerusalem yang sebelumnya dikuasai Kesultanan Ayyubiyah tanpa perang, melainkan melalui jalan diplomasi dengan Pemimpin Kesultanan Ayyubiyah, Al-Kamil.

1241
Tentara Mongol menyerang Kota Krakow di Polandia. Peristiwa itu merupakan serangan pertama pasukan Mongol di Polandia. Dalam penyerangan tersebut, pasukan Polandia juga berusaha membendung serangan tentara Mongol. Pertempuran itu kini dikenal dengan sebutan Pertempuran Chmielni.

1739
Di masa Perang Revolusi Prancis, pasukan Habsburg dan pasukan Belanda bertempur melawan pasukan Prancis di Neerwinden, wilayah yang kini menjadi bagian dari Belgia. Habsburg dan Belanda berhasil menumpas sekitar 4.000 hingga 5.000 tentara Prancis, namun juga harus kehilangan 2.800 sampai 3.000 prajuritnya.

1915
Serangan kapal pasukan Angkatan Laut Sekutu di wilayah perairan Dardanelles, Kesultanan Ottoman berakhir dengan kekalahan. Serangan yang dilancarkan hampir sebulan itu berakhir setelah tiga kapal perang milik Sekutu ditenggelamkan pasukan Kesultanan Ottoman.

1937
Pasukan Republik Spanyol berhasil melancarkan serangan balik terhadap pasukan Italia dan pasukan Nasionalis Spanyol di Guadalajara, Spanyol. Selang lima hari kemudian, pasukan Republik Spanyol berhasil mengalahkan pasukan Italia dan pasukan Nasionalis Spanyol. Peristiwa itu merupakan satu-satunya kekalahan yang dialami Italia dan Nasionalis Spanyol pada masa Perang Saudara Spanyol.

1940
Pemimpin Jerman Adolf Hitler bertemu dengan Perdana Menteri Italia Benito Mussolini di Brenner Pass, Italia. Dari pertemuan tersebut, Hitler dan Mussolini sepakat untuk berperang melawan Inggris dan Prancis.

1942
Pemerintah Amerika Serikat (AS) mendirikan Otoritas Relokasi Perang untuk merelokasi warga keturunan Jepang di AS ke dalam tahanan. Tindakan AS itu dipicu ketegangan dengan Jepang setelah Jepang menyerang Pearl Harbour pada 7 Desember 1941.

1969
Pasukan Amerika Serikat (AS) menyerang basis komunis di Sihanouk Trail, Kamboja menggunakan pesawat pengebom Boeing B-52 Stratofortress. Serangan itu dilancarkan setelah AS menduga pasukan komunis di Kamboja akan menyusup ke Vietnam.

Adam Noah Levine. (Variety.com)
1979
Adam Noah Levine lahir di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS). Kini, namanya dikenal luas sebagai penyanyi yang tergabung dalam grup musik Maroon 5. Bersama Maroon 5, Levine telah meraih tiga Grammy Awards, dua Anugerah Musik Billboard, dua Anugerah Musik Amerika, satu Anugerah Video Musik MTV, dan satu Anugerah Musik Dunia.

2014
Keadaan darurat di Thailand yang sudah berlangsung lebih dari sebulan dinyatakan resmi berakhir. Sebelumnya, pemerintah Thailand menyatakan negara tersebut sedang dalam keadaan darurat setelah meletus aksi unjuk rasa anti-pemerintah yang berlangsung selama kurang lebih dua bulan.