Sejarah Hari Ini: 15 Maret 1493, Perjalanan Christopher Columbus Berakhir

Christopher Columbus. (Biography.com)
15 Maret 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Penjelajah asal Italia Christopher Columbus tiba di Spanyol, 15 Maret 1493, setelah perjalanan panjangnya ke wilayah yang kini dikenal dengan nama Amerika. Sebelumnya, Colombus tiba di Amerika pada 12 Oktober 1492.

Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi pada 15 Maret setiap tahunnya. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com menyajikan sejumlah peristiwa bersejarah pada 15 Maret yang dirangkum dalam Sejarah Hari Ini:

44 SM
Pemimpin Republik Romawi, Julius Caesar, ditusuk hingga tewas oleh Marcus Junius Brutus dan beberapa senator Romawi. Aksi pembunuhan tersebut menjadi pemicu perang saudara kedua sekaligus menjadi akhir Republik Romawi dan awal Kekaisaran Romawi.

Ilustrasi sosok Cao Cao dari zaman Dinasti Ming. (Wikimedia.org)
220
Kaisar Dinasti Han, Cao Cao, meninggal dunia di usia ke-65 tahun. Semasa hidupnya, Cao Cao berambisi menyatukan seluruh kerajaan di dataran Tiongkok untuk berada di bawah kekuasaannya. Sebelum meninggal dunia, ia menyatakan bahwa kerajaannya masih belum stabil.

1147
Pasukan Portugal yang dipimpin Afonso I berhasil menaklukkan wilayah Santarem dan wilayah Almoravid. Peristiwa itu sekaligus menjadi penyebab runtuhnya Kerajaan Almoravid yang berada di wilayah Maroko.

1493
Penjelajah asal Italia Christopher Columbus tiba di Spanyol setelah perjalanan panjangnya ke wilayah yang kini dikenal dengan nama Amerika. Columbus tiba di wilayah Amerika pada 12 Oktober 1492 melalui pelayaran yang didanai Ratu Kastilia, Isabella I

1874
Prancis dan Vietnam menandatangani Perjanjian Saigon Kedua. Dalam perjanjian tersebut, Prancis berhak atas wilayah Cochinchina di bagian selatan Vietnam.

Thomas Woodrow Wilson. (Theatlantic.com)
1916
Presiden Amerika Serikat (AS), Thomas Woodrow Wilson, mengirimkan ribuan prajuritnya ke Meksiko untuk menangkap pemimpin gerakan revolusi di Meksiko, Pancho Villa. Sebelumnya, Pancho Villa menyerang sejumlah kawasan di AS yang membuat Wilson merasa berang.

1945
Pasukan Uni Soviet mulai menyerang wilayah Silesia Atas, Jerman. Dalam serangan yang berlangsung selama 16 hari itu, Uni Soviet mampu menang atas Jerman dengan mengerahkan sekitar 408.000 tentaranya.

1972
Pasukan Amerika Serikat (AS) yang berada di pihak Vietnam Selatan membombardir kamp militer Vietnam Utara. Serangan tersebut adalah salah satu serangan terbesar yang dilakukan AS selama Perang Vietnam.

1978
Etiopia dan Somalia menandatangani perjanjian damai untuk mengakhiri Perang Ogaden. Perang Ogaden adalah perang yang melibatkan kedua negara tersebut di kawasan Ogaden, perbatasan antara Etipoia dan Somalia. Setelah perjanjian damai ditandatangani, Somalia menarik pasukannya dari wilayah Ogaden Etiopia.

1990
Farzad Bazoft, wartawan koran Inggris, The Observer, dieksekusi mati oleh pihak berwajib di Irak karena dituduh menjadi mata-mata untuk Israel. Pemerintah Inggris mengecam eksekusi tersebut dan memutuskan hubungan diplomatik dengan Irak.