Jokowi dan Prabowo Hadir Langsung Saat Debat Cawapres

Debat Capres Kedua. Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) disaksikan Ketua KPU Arief Budiman (tengah) bersiap mengikuti debat capres 2019 putaran kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat kedua yang hanya diikuti capres tanpa wapresnya itu mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. - Nurul Hidayat
15 Maret 2019 10:20 WIB Jaffry Prabu Prakoso Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA – Calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto berencana menyaksikan secara langsung debat ketiga. Mereka akan menonton cawapres pasangannya dalam beradu program.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan mengatakan kehadiran Jokowi membuat pengamanan dibuat berdasarkan standar kenegaraan.

“Meskipun ini debat cawapres tapi kandidat capres akan hadir sehingga Paspampres, TNI, dan Polri tadi juga memberikan paparan bahwa standar pengamanan akan sama dengan standar pengamanan debat capres,” katanya di Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Wahyu menjelaskan penyelenggara menyerahkan pengamanan kepada tiga lembaga tersebut. “Terkait dengan personel yang dikerahkan oleh TNI Polri dan Paspampres mereka sudah punya standar sendiri,” ucapnya.

Debat sebelumnya hanya Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno yang tidak hadir secara langsung. Dia memilih mengadakan nonton bersama warga dan menjelaskan jalannya debat.

Pada debat ketiga akan dilaksanakan pada 17 Maret di Hotel Sultan, Jakarta Pusat. Debat ini diikuti oleh calon wakil presiden saja, KH Ma'ruf Amin dan Sandi dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.

Sementara itu Calon Wakil Presiden Ma’ruf mendapatkan pendampingan khusus menghadapi debat ketiga. Persiapan dilakukan agar bisa memahami semua capaian dan yang akan dia lakukan bersama Presiden Jokowi selanjutnya.

Ini diperlukan agar terjadi integrasi konten sehingga tidak ada kesalahpahaman persepsi antarkeduanya. Sedangkan Sandi bakal menyampaikan gagasan problematika yang selama ini dia serap dari warga. Salah satu yang dibawa adalah soal pendidikan.

Sandi juga sudah mengundang pakar baik dari internal maupun eksternal dalam beberapa waktu terakhir.

Sumber : Bisnis.com