Kampus di China Izinkan Mahasiswa Merokok untuk Kenali Rasa Tembakau

Ilustrasi larangan merokok. (Reuters/John Kolesidis)
14 Maret 2019 09:10 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, YUNANSalah satu kampus di China memperbolehkan mahasiswa merokok di dalam kelas. Hal ini dilakukan agar mahasiswa lebih paham tentang rasa tembakau. Jadi, mahasiswa sangat leluasa merokok di dalam kelas selama perkuliahan berlangsung.

Dilansir Oddity Central, Rabu (13/3/2019), serangkaian foto yang memperlihatkan mahasiswa Yunan Agricultural University merokok di dalam kelas viral di media sosial. Foto itu awalnya tersebar di situs Weibo, November 2018. Dalam foto itu terlihat jelas sejumlah mahasiswa yang dengan santai mengisap rokok selama perkuliahan berlangsung.

Dosen yang mengisi perkuliahan sangat santai melihat pemandangan mahasiswanya yang asyik merokok. Dosen Yunan Agricultural University, Zhao Zhengxiong, mengatakan, foto kontroversial itu diambil pada perkuliahan tentang tembakau.

Kala itu, sang dosen membawa berbagai merek rokok untuk dicicipi mahasiswa. Dia ingin mahasiswa lebih tahu rasa tembakau dan efek samping yang ditimbulkan. Zhao Zhengxiong mengatakan, mahasiswa tidak perlu merokok untuk mengetahui rasa tembakau itu. Namun, kebanyakan dari mereka tetap melakukannya.

Ini bukan merokok seperti yang dilakukan kebanyakan orang. Kami sedang melakukan penelitian ilmiah. Jadi, mahasiswa harus tahu rasa dan efek samping yang timbul dari tembakau,” terang Zhao Zhengxiong.

Meski demikian, perkuliahan tembakai di Yunan Agricultural University menuai komentar miring warganet China. Mereka beranggapan cara tersebut membahayakan keselamatan mahasiswa. Sebab, selama ini rokok dikenal menyebabkan berbagai penyakit.