Sejarah Hari Ini: 14 Maret 1862, Pangeran Antasari Pimpin Banjar

Lukisan sosok Pangeran Antasari sesuai Perda Kalsel. (Wikimedia.org)
14 Maret 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pangeran Antasari dinobatkan sebagai pimpinan pemerintahan tertinggi di Kesultanan Banjar dengan menyandang gelar Panembahan Amiruddin Khalifatul Mukminin, tepat pada 14 Maret 1862. Penobatan itu mengukuhkan kedudukan Antasari sebagai pemimpin perjuangan melawan penjajah di wilayah Banjar bagian utara.

Penobatan Pangeran Antasari sebagai pemimpin pemerintahan di Kesultanan Banjar itu merupakan salah satu peristiwa pada 14 Maret yang layak dikenang. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 14 Maret:

1489
Ratu Siprus, Catherine Cornaro, menjual wilayah kerajaannya kepada Kerajaan Venesia. Penjualan wilayah kerajaan itu ia lakukan setelah suaminya, James II, meninggal dunia.

1647
Di masa Perang 30 Tahun, Prancis, Swedia, dan Bayern menandatangani perjanjian yang disebut Perdamaian Ulm setelah Prancis dan Swedia menyerbu wilayah Bayern. Meski demikian, pihak Bayern melanggar perjanjian tersebut beberapa bulan kemudian.

1862
Pangeran Antasari dinobatkan sebagai pimpinan pemerintahan tertinggi di Kesultanan Banjar dengan menyandang gelar Panembahan Amiruddin Khalifatul Mukminin. Penobatan itu dilakukan di hadapan para kepala Suku Dayak dan adipati (gubernur) penguasa wilayah Dusun Atas, Kapuas, dan Kahayan, yaitu Tumenggung Surapati/Tumenggung Yang Pati Jaya Raja. Penobatan itu mengukuhkan kedudukan Antasari sebagai pemimpin perjuangan melawan penjajah di wilayah Banjar bagian utara.

Albert Einstein. (History.com)
1879
Albert Einstein lahir di Ulm, Kerajaan Wurttemberg, Kekaisaran Jerman. Einstein kemudian dikenal luas sebagai ilmuwan fisika yang mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan kosmologi. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam bidang fisika pada 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotolistrik dan pengabdiannya bagi fisika teoretis.

1939
Negara Cekoslowakia bubar setelah Slowakia memisahkan diri karena ditekan pihak Jerman. Bubarnya negara tersebut sekaligus memuluskan rencana Jerman untuk mencaplok sejumlah wilayah di Ceko. Hingga 8 Mei 1945, Slowakia merupakan sekutu sekaligus negara boneka pertama Jerman.

1951
Di masa Perang Korea, pasukan PBB berhasil menduduki Kota Seoul di Korea Selatan (Korsel). Sebelumnya, kota tersebut telah diduduki pasukan Korea Utara (Korut) selama beberapa bulan.

1967
Jasad presiden Amerika Serikta (AS) John F. Kennedy di Permakaman Nasional Arlington, Virginia, Amerika Serikat (AS) dipindahkan ke lahan pemakaman dan nisan permanen di permakaman yang sama. Kennedy meninggal dunia pada 22 November 1963 dan dimakamkan tiga hari kemudian.

1988
Pasukan Tiongkok mengalahkan tentara Vietnam dalam Pertempuran Karang Johnson Selatan. Pertempuran tersebut bertujuan untuk memperebutkan wilayah Kepulauan Spratly.

Albert Einstein. (History.com)

1995
Astronaut asal Amerika Serikat (AS) Norman Thagard dinyatakan NASA meluncur ke luar angkasa menggunakan wahana milik Rusia. Norman menjadi astronaut pertama dari AS yang menggunakan wahana luar angkasa milik Rusia.

2011
Pemerintah Inggris secara resmi melarang para imigran dari negara yang bukan anggota Uni Eropa bekerja sebagai koki, agen penjualan, manajer salon kecantikan, dan penata rambut di Inggris. Kebijakan itu dikeluarkan demi membatasi jumlah imigran yang masuk ke Inggris.

Kolom 13 hours ago

Menjaga Muruah KPK